Masjid Megah di Sumbar Jadi Objek Wisata Religi

Editor: Koko Triarko

PADANG – Kota Padang, Sumatra Barat, tidak hanya dikenal dengan wisata pantai dan berbagai keunikan kulinernya. Tapi juga ada wisata religi berupa masjid-masjid yang begitu megah.

Wisatawan yang sengaja datang ke Padang untuk melihat bangunan masjid yang megah itu, Susy Elya, mengatakan, di era digital sekarang memiliki bangunan masjid yang megah amat dicari-cari oleh banyak orang.

Karena tidak hanya soal kenyamanan dalam beribadah, tapi juga bagaimana suatu lokasi itu menjadi objek tempat berswafoto, sehingga keberadaan masjid megah juga bisa menjadi tujuan wisata.

“Saya mengetahui masjid di Padang ini begitu megah dari media sosial. Makanya saya penasaran, dan datang ke Padang,” katanya, Minggu (15/11/2020).

Masjid yang telah ia datangi adalah Masjid Al Hakim Padang yang berada dekat dari kawasan Pantai Padang. Bagi Susy, desain dan tampilan dari Masjid Al Hakim terlihat begitu menawan.

“Saya sudah masuk juga ke dalam masjid untuk salat. Ternyata, benar-benar nyaman saat berada di dalamnya. Adem dan wangi, saya suka masjid ini,” ujarnya.

Selain di Masjid Al Hakim, masjid yang juga menjadi tujuan wisatawan di Padang adalah Masjid Raya Sumatra Barat dan Masjid Baiurrahmah Padang serta Masjid Nurul Iman.

Dewi, wisatawan di Padang, mengakui kekagumannya terhadap masjid-masjid yang ada di Kota Padang. Sudah ada 4 masjid yang disinggahinya untuk melihat dan sekaligus merasakan salat di dalam masjid yang megah itu.

“Saya tidak hanya sekadar berfoto. Tapi, juga melaksanakan salat di dalam masjid. Selain indah dipandang, salat di dalamnya juga nyaman, ada AC-nya,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan adanya bangunan masjid yang megah itu dapat memberikan ketenangan hati. Setidaknya, wisata yang dilakukan tidak hanya sekadar jalan-jalan semata, tapi juga bisa tetap menjalankan ibadah salat.

Dia pun masih merasa penasaran untuk mendatangi masjid-masjid megah lainnya yang ada di Sumatra Barat. Karena dari informasi yang diperolehnya, di daerah Sumatra Barat banyak memiliki masjid yang megah.

“Kalau tidak salah ada di Solok juga ya, serta di Bukittinggi, dan ada juga masjid bersejarah lainnya. Kapan-kapan saya akan ke sana,” ungkapnya.

Dewi juga berharap agar tidak ada aksi pungli, seperti parkir dan lainnya di setiap lingkungan masjid yang ramai dikunjungi, karena sebagai masjid yang dinilai menjadi wisata religi, seharusnya dapat memberikan rasa aman kepada setiap orang yang datang.

Lihat juga...