Menhub Minta Libur Panjang Jangan Jadi Cluster Baru Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta semua pihak menerapkan protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah cluster baru penularan virus Covid-19. Libur panjang Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama harus tetap berjalan, namun setiap warga harus menjaga kesehatan.

Terkait penggunaan masker, Budi Karya Sumadi meminta masyarakat bisa mengganti masker skuba dengan yang lebih tebal. Meski sejumlah tempat pelayanan transportasi seperti pelabuhan disediakan termoscanner, menjaga kesehatan pribadi sangat penting.

“Pelayanan transportasi laut dengan menggunakan kapal jadi salah satu lokasi yang harus menjadi perhatian karena puncak arus liburan masyarakat akan kembali dari liburan dari pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya, semua pihak harus ikut mendukung pencegahan Covid-19,” terang Budi Karya Sumadi saat mengunjungi pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (1/11/2020).

Budi Karya Sumadi menambahkan semua pihak ikut dilibatkan dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19. Ia memuji langkah Kepolisian Daerah Lampung yang dipimpin Irjen Pol Purwadi Arianto dalam pencegahan Covid-19. Dalam operasi Zebra Krakatau titik fokus dalam pelayanan kepada masyarakat dilakukan dengan pendisplinan protokol kesehatan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fefry (Persero), Ira Puspadewi menyebut pelayanan arus libur panjang telah disiapkan dengan baik. PT ASDP di lintasan Bakauheni-Merak sebutnya menyiapkan sebanyak 68 unit kapal roll on roll off (Roro). Setiap hari sebanyak 28 hingga 30 unit kapal roro disiagakan untuk melayani pengguna jasa. Sebanyak 7 dermaga di antaranya 6 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif disiapkan.

“Pelayanan menerapkan disiplin protokol kesehatan bagi seluruh penumpang dan pengguna jasa meninimalisir penyebaran covid-19,” cetusnya.

Pelayanan arus balik libur panjang sebut Ira Puspadewi dikoordinasikan dengan stakeholder terkait. Unsur kepolisian, Dinas Perhubungan Lampung, Hutama Karya selaku pengelola jalan tol Sumatera. Antisipasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, pembelian tiket dilakukan dengan memakai aplikasi Ferizy berbasis pembelian secara online.

Saat mengunjungi pelabuhan Bakauheni, Menhub yang didampingi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi berkesempatan mengunjungi terminal eksekutif. Pada ruang tunggu penumpang Menhub dan Dirut PT ASDP Indonesia Ferry membagikan masker kepada penumpang. Budi Karya Sumadi yang berbincang dengan penumpang meminta agar masker selalu digunakan saat bepergian.

Menhub juga berksempatan naik ke KMP Sebuku salah satu kapal eksekutif langsung mengecek pendisplinan prokes di kapal tersebut. Sesuai aturan penerapan jaga jarak dilakukan dengan pengaturan tempat duduk. Penerapan pengaturan kapasitas muatan kapal diatur dengan 50 persen dibanding kondisi normal. Budi Karya Sumadi juga memeriksa ketersediaan hand sanitizer di kapal penyeberangan.

Lihat juga...