Menikmati Alam Asri Wisata Air Terjun Bojakan Mentawai

Editor: Makmun Hidayat

MENTAWAI — Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, ternyata tidak hanya dikenal dengan pantainya yang begitu indah. Tapi juga ada tempat wisata alam yang masih asri yakni wisata Air Terjun Bojakan.

Sesuai namanya Bojakan, objek wisata ini berada di Desa Bojakan Kecamatan Siberut Utara Kepulauan Mentawai.

Harfiandri Damanhuri, salah seorang wisatawan yang sampai ke objek wisata tersebut, menceritakan, Air Terjun Bojakan memiliki pesona yang begitu indah. Bukan hanya soal air terjunnya yang tidak biasa, tapi alam di sekitarnya membuat Air Terjun Bojakan semakin nyaman untuk didatangi.

“Air Terjunnya itu bila dipandang sangatlah indah. Lalu saat diceburkan badan di dalam air, waduh segar betul. Asyiknya lagi, suasana alamnya begitu indah, seakan tidak terasa berada di daerah kepulauan,” katanya kepada Cendana News saat dihubungi dari Padang, Minggu (22/11/2020).

Hal yang menyenangkan saat berada di di Air Terjun Bojakan adalah udara yang begitu segar. Serta akses untuk mencapai lokasi tidaklah terlalu sulit, sehingga membuat setiap orang yang datang bakal betah.

Menurutnya suatu hal yang mengagumkan bila bisa menikmati air terjun di Mentawai. Karena selama ini Mentawai hanya dikenal dengan keindahan pantainya saja, tapi juga memiliki wisata alam yang masih asri yakni Air Terjun Bojakan.

“Jadi kalau ada wisatawan yang bertanya, apa daya tarik kegiatan pariwisata di Sumatera Barat? Jawabannya adalah datanglah ke Mentawai,” ujarnya.

Karena di Mentawai itu, memiliki daya tarik mencakup pesona, keindahan suatu tempat, kawasan ataupun objek tertentu yang diperlukan untuk menggambarkan suatu kawasan tertentu secara spesifik.

“Satu daya tarik bisa dimiliki di satu lokasi, seperti ada daya tarik sosial, daya tarik budaya, daya tarik masyarakatnya, daya tarik istimewa (buatan), dan itu ada di Mentawai,” ucapnya.

Dengan Mentawai yang menjadi objek wisata yang memiliki daya tarik yang membuat orang berduyun-duyun datang, sudah seharusnya pemerintah melirik potensi yang lainnya untuk hal tersebut.

“Ini pesan singkat jika para pengambil kebijakan ingin mengembangkan dan memajukan suatu kawasan di daerahnya agar selalu menarik untuk dikunjungi dan didatangi oleh para wisatawan, kapan saja dari mana saja, semoga berhasil, salam konservasi,” jelasnya.

Untuk itu dia mengajak banyak orang untuk menjaga keindahan alam dan sumber daya air yang menjadi pesona dan daya tarik, bagi wisatawan minat khusus yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake, menjelaskan, potensi pariwisata di daerahnya itu tidak diragukan lagi. Hampir berbagai negara yang datang ke Mentawai, tapi kini masih dilanda Covid-19 wisatawan pun terbatas datang ke Mentawai.

Begitu soal adanya objek wisata air terjun. Lokasi itu memang sudah lama diketahui adanya sebuah tempat yang menarik dikunjungi.

“Di waktu situasi normal dan tidak pandemi, kita tidak membatasi adanya wisatawan untuk menikmati keindahan di Mentawai. Kalau bicara pantai tidak ragukan lagi indahnya,” sebutnya.

Menurutnya seiring waktu berjalan nantinya, berbagai objek wisata di Mentawai akan terus dikembangkan. Begitu juga wisata di air terjun itu.

Lihat juga...