Mukomuko Kehabisan Beras untuk Korban Bencana Alam

Kebakaran hanguskan rumah petani di Desa Sari Bulan, Kabupaten Mukomuko – Foto Ant

MUKOMUKO – Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak beberapa bulan terakhir telah kehabisan stok beras dan bahan makanan lain, untuk membantu korban bencana alam.

“Biasa ada stok beras di dinas ini, tetapi sejak beberapa bulan terakhir stok beras habis, jadi bantuan yang ada di dinas yang kita salurkan kepada korban,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Saroni, Rabu (18/11/2020), saat menerima usulan bantuan berbagai bahan pokok salah satunya beras untuk korban kebakaran di Desa Sari Bulan, Kecamatan Air Dikit dari kepala desa di wilayah itu.

Pemerintah setempat, melalui Dinas Sosial, hanya mampu memberikan bantuan logistik bencana alam sedikit. Yaitu berupa, selimut, mi instan, air mineral, kepada warga yang rumahnya hangus terbakar di Desa Sari Bulan. “Kalau jumlah bantuan dari dinas tidak seberapa hanya, cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk warga yang menjadi korban kebakaran selama sehari dan dua hari,” ujarnya.

Semua bantuan logistik bencana yang masih ada di dinas dan disalurkan kepada warga yang rumahnya hangus terbakar tersebut berasal dari pemerintah pusat dan provinsi. Sedangkan bantuan beras dan berbagai bahan makanan untuk korban bencana alam di daerah itu, berasal dari pemerintah setempat dan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah. “Biasanya kami memberikan bantuan beras sebanyak dua hingga tiga kaleng kepada warga yang menjadi korban bencana alam, dan bantuan ini juga untuk warga miskin yang terlantar dan sakit,” ujarnya.

Pihak desa diminta, mengusulkan bantuan lain seperti dana untuk membeli bahan material, untuk membangun rumah terbakar kepada Baznas. Selain itu, aparat desa juga diminta mengusulkan program pembangunan atau rehabilitasi bangunan rumah, yang rusak akibat hangus terbakar ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko. (Ant)

Lihat juga...