Nasi Uduk Khas Betawi di Bekasi Dilengkapi Semur Jengkol

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kudapan Nasi Uduk khas Betawi memiliki ciri tersendiri, yakni dengan menu tambahan semur jengkol. Tak heran, nasi uduk tetap menjadi buruan di Kota Bekasi, Jawa Barat. Biasanya, selain disantap dengan semur jengkol, juga enak dicampur dengan semur telur dan aneka gorengan sebagai pendampingnya.

Hidangan khas Betawi ini mudah sekali ditemui di wilayah dekat perumahan atau pinggir jalan raya besar. Tapi, jangan sampai salah pilih, biasanya nasi uduk yang diburu yang dibuat langsung oleh emak-emak Betawi asli, sehingga rasanya memiliki citarasa tersendiri.

Seperti di wilayah Jatiasih, ada beberapa tempat buruan, misalnya di jalan raya parpostel arah villa Nusa indah, jalan Wibawa Mukti 2 dan di perkampungan Pamahan Jatimekar. Nasi uduk Betawi biasanya buka dari sore hingga malam. Tapi, ada juga saat pagi hari sebagai menu sarapan.

Ahmad Toha, pengemar nasi uduk di Bekasi, Sabtu (14/11/2020). –Foto: M Amin

“Banyak tempat untuk menikmati nasi uduk, tapi untuk yang khas Betawi, di Jatiasih saya rekomendasikan tiga tempat pertama di Jalan Parpostel, ke dua di Jalan Wibawa Mukti 2 tepatnya didepan masjid At Tawabin dan Komsen buka tiap malam,” ujar Ahmad Toha, penggemar nasi uduk memberi rekomendasi, kepada Cendana News, Sabtu (14/11/2020).

Dikatakan, nasi uduk Betawi di Jalan Parpost, setiap hari menjadi buruan warga dari berbagai kalangan. Bahkan, kerap parkir kendaraan roda empat berjejer hanya untuk membeli nasi uduk.

Antrean panjang setiap sore, pasti terjadi di tempat nasi uduk khas Betawi di jalan raya Parpostel. Lazimnya, orang membeli nasi uduk khas Betawi untuk dibungkus.

“Nasi uduk khas Betawi pembedanya pada sambal. Karena menggunakan sambal kacang, semur jengkol, ayam goreng semur telur. Selain rasanya khas Nasi Uduk khas Betawi, harganya murah meriah,” ungkap Toha.

Karenanya, dia mengaku tidak heran jika pembelinya dari berbagai kalangan, dari pejabat hingga orang biasa mengantre membeli nasi uduk. Jika kehabisan di Jalan Parpostel, nasi uduk di Jalan Wibawa Mukti 2 depan masjid DNA perkampungan Pamahan juga menjadi rekomendasi, karena memiliki rasa yang sama.

Selain semur jengkol sebagai menu utama Nasi uduk khas Betawi, biasanya juga diisi tahu semur dan kentang untuk menambah selera.

Lihat juga...