Newcastle Tundukkan Crystal Palace 2-0

JAKARTA — Newcastle menundukkan tuan rumah Crystal Palace dengan skor 2-0 berkat dua gol di pengujung laga pekan ke-10 Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Kembalinya Callum Wilson jelas menjadi suntikan kekuatan besar bagi Newcastle yang sangat terbantu oleh top skor sementara mereka itu.

Kendati membiarkan tuan rumah memiliki 57 persen penguasaan bola, Newcastle tampil lebih efektif dalam melancarkan serangan mereka terlihat dengan 14 percobaan tembakan mereka separuhnya menemui sasaran.

Sebaliknya, Palace yang melepaskan 12 percobaan hanya tiga kali menemui sasaran termasuk salah satunya dari Cheikohu Kouyate pada menit ke-84 yang dihalau oleh bek Federico Fernandez pasang badan demi menghalau bola dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Kebuntuan pecah lima menit kemudian saat Wilson mencetak gol ketujuhnya musim ini dengan sebuah tembakan mendatar yang melesat dari bawah badan kiper Vicente Guaita ke dalam gawang.

Gol itu tidak lepas dari aksi gemilang Joelinton yang sebelumnya melewati dua hingga tiga jegalan pemain Palace sebelum mengirimkan umpan terobosan matang ke arah Wilson.

Semenit sesudahnya Joelinton mencatatkan namanya sendiri di papan skor ketika menyudahi sebuah serangan balik yang diakhiri aksi balas budi Wilson.

Bola tembakan Joelinton sempat membentur badan Gary Cahill sehingga memperdaya Guaita yang kadung melompat ke arah berbeda.

Dua gol dalam dua menit itu praktis mengubah skor akhir pertandingan yang tampak hambar sepanjang 87 menit sebelumnya.

Newcastle sukses menghapuskan tren buruk lima lawatan terakhir ke Selhurst Park yang nirmenang, sembari melanjutkan rekor negatif Palace tiap bermain di hari Jumat.

Tambahan tiga poin mengangkat posisi tim besutan Steve Bruce ke peringkat ke-10 klasemen sementara dengan koleksi 14 poin, melompati Palace (13) yang turun ke urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Newcastle akan main lebih awal untuk rangkaian pertandingan ke-11 pada Jumat (4/12) dengan melawat ke markas Aston Villa, sedangkan Palace main dua hari berselang menghadapi West Bromwich Albion di The Hawthorns. (Ant)

Lihat juga...