Parigi Moutong Dapat Bantuan Speedboat Ambulance

Kapal ambulans laut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu, untuk operasional evakuasi warga Kepulauan Seribu yang membutuhkan perawatan – Foto Ant

PARIGI – Kementerian Kesehatan, membantu satu unit Speedboat Ambulance, kepada Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Bantuan diberikan, sebagai upaya mendukung optimalisasi pelayanan kesehatan di kabupaten itu.

“Keberadaan speedboat ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Parigi Moutong, karena kabupaten ini memiliki garis pantai kurang lebih 472 kilometer,” ujar Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, di Parigi, Minggu (8/11/2020).

Bupati menyebut, Parigi Moutong masuk di dalam kawasan Teluk Tomini. Kawasannya membentang dari arah Utara atau perbatasan Provisi Gorontalo, ke arah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Poso. Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Pulau Sulawesi, sehingga sangat tepat jika satu armada ditempatkan di perairan kabupaten tersebut.

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu – Foto Ant

Salah satu mata pencaharian tetap masyarakat Parigi Moutong adalah nelayan. Sehingga keberadaan ambulans laut, sudah pasti sangat membantu, jika terjadi situasi darurat. Seperti saat nelayan mengalami musibah di tengah laut, maupun masyarakat melakukan perjalanan melalui jalur laut. “Saya berharap Dinas Kesehatan setempat lebih optimal dan efisien melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Bupati menyebut, armada tersebut telah dilengkapi dengan sejumlah peralatan penunjang medis. Sehingga dapat diandalkan untuk pertolongan pertama dan evakuasi, serta bisa berfungsi sebagai tempat perawatan pasien dalam keadaan darurat.

Pengoperasian armada kesehatan laut oleh Dinas Kesehatan Parigi Moutong disebutnya berlangsung 24 jam. “Wajib bagi kita menjaga aset-aset ini. Kita patut bersyukur karena sarana kita cukup lengkap khususnya bagi kendaraan operasional, termasuk ambulans,” kata tambah Samsurizal.

Armada itu diserahkan secara simbolis pada Sabtu (7/11/2020), dan Bupati Samsurizal Tombolotutu langsung ikut ujicoba armada tersebut yang berlangsung di Kecamatan Tinombo. (Ant)

Lihat juga...