Partisipasi Pemilih di Pilkada Mamuju Diyakini Melebihi Target Kemendagri

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang – Foto Ant

MAMUJU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Hamdan Dangkang, optimistis partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepada Daerah (pilkada) serentak 2020, akan melampaui target yang telah ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau berdasarkan pengalaman kami pada pemilihan kepala daerah sebelumnya, Insyaallah, kami bisa melampaui target yang telah ditetapkan tersebut,” kata Hamdan Dangkang, Sabtu (14/11/2020).

Kemendagri telah menetapkan, target partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020 sebesar 77,5 persen. “Kami optimistis, target itu bisa dicapaim karena melihat pengalaman dari pelaksanaan pilkada sebelumnya,” ujarnya.

Partisipasi pemilih di Kabupaten Mamuju, tercatat tidak pernah di bawah 75 persen. Bahkan, pada Pemilu 2019 partisipasi pemilih hampir mendekati 80 persen. Dan saat ini KPU Mamuju disebut Hamdan Dangkang, terus mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 kepada masyarakat di daerah itu. “Kami gencar melakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat, baik melalui media massa maupun imbauan langsung agar tidak takut datang ke tempat pemugutan suara (TPS),” tuturnya.

KPU juga meminta pada ad hoc atau panitia pemilihan, untuk meyakinkan masyarakat agar pada 9 Desember 2020 tidak takut datang ke TPS. “Saat ini, KPPS dalam proses tes cepat, sehingga semua penyelenggara yang ada di TPS dalam keadaan steril,” jelas Hamdan Dangkang.

KPU Mamuju menjamin pelaksanakan pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2020, dilakukan sesuai prosedur kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19. “Jadi, sekali lagi kami mengimbau masyarakat agar pada 9 Desember 2020 dapat menyalurkan hak pilihnya. Pada kesempatan ini kami juga meminta masyarakat agar dalam menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani dan bukan karena iming-iming uang,” ujar Hamdan Dangkang.

Pada Pilkada Serentak 2020, di Kabupaten Mamuju diikuti 162.218 warga yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). (Ant)

Lihat juga...