Pasar Ikan Modern Palembang Siap Dioperasikan

Direktur Logistik KKP, Innes Rahmania, saat meninjau keberadaan Pasar Ikan Moden Palembang, Kamis (5/11/2020) – Foto Ant

PALEMBANG – Pasar ikan modern yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan, siap dioperasikan. Proyek pembangunan fisik dan fasilitas pendukungnya, saat ini telah selesai dilakukan.

“Peresmian pengoperasian pasar ikan modern ini dijadwalkan Jumat (6/11/2020) siang, oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo,” kata Direktur Logistik KKP, Innes Rahmania, usai meninjau persiapan peresmian pasar ikan modern di Palembang, Kamis (5/11/2020).

Pasar ikan modern di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu merupakan pasar ikan modern pertama di Pulau Sumatera. “Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan, Kota Palembang menjadi salah satu dari tiga kota di Indonesia yakni Bandung, Jakarta dan Palembang, yang menjadi percontohan pembangunan pasar ikan modern,” ujarnya.

Pasar ikan modern Palembang dibangun di lahan seluas 9.000 meter persegi. Tepatnya di kawasan Jalan MP Mangkunegara, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) III. Pasar ikan modern tersebut menjadi pusat penjualan ikan segar, yang dihasilkan nelayan dari provinsi setempat.

Pasar tersebut memiliki 200 lebih lapak, yang pengelolaannya di bawah manajemen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Palembang Trading and Logistics (Patralog). Pasar Ikan Modern Palembang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti gudang berpendingin (cold storage) untuk tempat penyimpanan ikan, lahan parkir cukup luas. “Serta instalasi pengolahan air limbah (ipal) dengan kapasitas hingga 50 meter kubik,” pungkas Innes. (Ant)

Lihat juga...