Pasar Modern Pratista Hasta Hidupkan UMKM Kuliner Banyumas

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Pasar modern Pratista Hasta sebagai pusat kuliner di tengah Kota Purwokerto menjadi tumpuan berbagai macam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas. Ratusan pedagang kuliner bergantung hidup pada pasar yang buka sore hingga malam hari tersebut.

Mulai dari penjual aneka sayur, gorengan, soto, bakso, sate, ayam goreng dan lain-lain. Semuanya merupakan makanan matang yang siap santap. Pengunjung pusat kuliner ini bahkan sampai malam hari dan pada akhir pekan biasanya ada pertunjukan musik akustik.

Salah satu penjual makanan di Pratista asta, Ibu Fariz mengatakan, ia sudah lama berjualan di lokasi tersebut, sejak pusat kuliner dibuka pertama kali. Awalnya tidak begitu ramai, bahkan cenderung sepi, namun lambat laun mulai ramai.

“Dulu waktu awal jualan di sini sepi, karena sebelumnya saya jualan di jalan depan pratista hasta ini, kemudian disuruh pindah ke dalam gedung ini, jadi banyak pelanggan yang tidak tahu lokasi jualan saya,” katanya, Selasa (17/11/2020).

Para pedagang di Pratista Hasta sebagian besar memang pedagang di sepanjang jalan depan Pratista Hasta serta kawasan Alun-Alun Purwokerto dan PKL di sepanjang Jalan Ragasemangsang. Pemkab Banyumas membangun Pratista Hasta sebagai tempat berjualan mereka.

Pada awalnya cukup sulit memindahkan para pedagang ini ke Pratista Hasta, namun sekarang saat Pratista Hasta ramai pengunjung, pedagang aneka kuliner pun memadari Pratista Hasta.

Ibu Fariz berjualan aneka lauk pauk mulai dari sayur hingga gorengan. Ia biasa buka mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Dagangannya juga selalu habis terjual, karena para pelanggannya sudah mengetahui lokasi ia berjualan.

Selain Ibu Fariz, penjualan soto rempah tepat di pintu masuk pratista hasta juga selalu ramai pembeli. Sebab, harga makanan di pratista hasta ini sangat terjangkau, satu mangkok soto rempah hanya Rp 7.000 untuk mangkok besar dan Rp 5.000 untuk mangkok kecil. Harga tersebut sudah lengkap dengan nasi.

Salah satu pelanggan Pratista Hasta, Anjar Asmara mengatakan, ia  lebih suka berburu lauk-pauk di Pratista Hasta, selain lengkap dan beragam, harganya juga murah. Aneka lauk pauk, sayuran, hingga jajanan tradisional dan modern tersedia di lokasi tersebut.

“Sering ke Pratista Hasta, makanannya lengkap, murah dan ada tempat untuk makan, bersih pula, jadi cukup nyaman untuk makan di sini. Setelah makan, biasanya membungkus makanan pula untuk dibawa pulang, karena jajanannya banyak,” tuturnya.

Lihat juga...