Pekalongan Mulai Melatih Petugas Vaksinasi COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, saat memberikan pengarahan kepada petugas vaksinasi COVID-19, Sabtu (7/11/2020) – Foto Ant

PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memberikan pelatihan kepada petugas medis, yang disiapkan untuk memberikan penyuntikan vaksin COVID-19 kepada masyarakat.

“Sebanyak 16 petugas medis, akan kita berikan pelatihan penyuntikan vaksin COVID-19 melalui daring,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekalongan, Slamet Budiyanto, Sabtu (7/11/2020).

Menurutnya, pelatihan tersebut sebagai bagian dari persiapan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat, untuk memberikan vaksin COVID-19 kepada masyarakat. Dengan pelatihan, diharapkan para petugas tersebut siap menjalankan tugasnya.

Kendati demikian, hingga kini dinkes belum mengetahui persis kapan waktu dan jumlah kuota vaksin COVID-19 akan diterima. Budiyanto mengatakan, tenaga medis yang telah ditunjuk menjalani pelatihan terdiri atas petugas imunisasi, tenaga laboratorium, dan dokter berasal dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Hingga kini, Dinas Kesehatan Pekalongan sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng, mengenai kuota vaksin yang akan diberikan untuk Pemkot Pekalongan. “Oleh karena, sambil menunggu jatah vaksin COVID-19, kami mengingatkan masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan menggunakan sabun, jaga jarak, dan hindari kerumunan,” tandasnya.

Tercatat, tingkat kematian kasus COVID-19 di Kota Pekalongan masih cukup tinggi. Penyebabnya rata-rata pasien yang meninggal juga disertai penyakit kronis. “Semoga dengan upaya mematuhi protokol kesehatan maka penyebaran kasus COVID-19 di daerah ini dapat ditekan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...