Pelatihan Setir Mobil di BLK Kudus Digelontor Anggaran Rp160 Juta

Kantor pelayanan UPT BLK Kudus, Jawa Tengah – Foto Ant

KUDUS – Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapat tambahan dana sebesar Rp160 juta dari APBD Perubahan 2020. Alokasi tambahan tersebut untuk menggelar pelatihan setir mobil.

Penambahan dilakukan, setelah anggaran sebelumnya terpangkas untuk penanganan COVID-19. “Pada APBD murni 2020 awalnya mendapatkan kucuran anggaran pelatihan sebesar Rp4,5 miliaran untuk menggelar 30 paket pelatihan dengan berbagai bidang keahlian,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) BLK Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus, Anggun Nugroho, Kamis (12/11/2020).

Akan tetapi, bertepatan dengan masa pandemi COVID-19, terjadi refocusing anggaran, sehingga terjadi pengurangan anggaran menjadi Rp3,4 miliar. Sedangkan jumlah paket pelatihan juga berkurang menjadi 15 paket.

Pada APBD Perubahan 2020, ada penambahan anggaran sebesar Rp160 juta, yang bisa digunakan untuk menggelar pelatihan setir mobil. Pelatihan dilakukan dengan membuka empat kelas, dengan jumlah peserta 64 orang.

Meskipun hanya pelatihan setir mobil, peminat dari pelatihan tersebut cukup banyak, karena mencapai 217 orang pendaftar. Sedangkan ketika proses seleksi tercatat, ada 140-an orang. “Peserta pelatihan tidak hanya dibekali keahlian mengemudikan mobil, melainkan dilatih perbaikan ringan, mulai dari mengecek aki mobil hingga bongkar roda mobil. Peserta juga difasilitasi mengurus SIM A,” ujarnya.

Rencananya, pelatihan setir mobil yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga tersebut, akan dimulai Senin (16/11/2020). Ditargetkan selesai pada pekan pertama Desember 2020. (Ant)

Lihat juga...