Pelipatan Surat Suara Pilkada Cianjur Melibatkan 300 Orang Relawan

Tiga ratusan relawan dari berbagai kecamatan di libatkan KPUD Cianjur, Jawa Barat, dalam penyortiran dan pelipatan suara suara Pilkada Cianjur, pada 9 Desember 2020, di Gedung Gelora Muda Cianjur, Sabtu (14/11/2020) – Foto Ant

CIANJUR – KPUD Cianjur, Jawa Barat, melibatkan 300 orang relawan, untuk melipat dan menyortir kertas surat suara Pilkada 2020 Cianjur. Dengan ratusan relawan tersebut diharapkan, penyortiran dan pelipatan dapat selesai dalam waktu tiga hari.

Ketua KPUD Cianjur, Selly Nurdinah mengatakan, ratusan orang relawan itu akan menyortir dan melipat 1,6 juta lebih surat suara. Selanjutnya sambil menunggu logistik kebutuhan pilkada lainnya, KPUD Cianjur akan memeriksa ulang, untuk memastikan tidak ada kekurangan surat suara.

“Surat suara sudah sampai sesuai jadwal, sehingga langsung disortir dan dilipat di Gedung Gelora Muda-Cianjur. Kami melibatkan 300 orang relawan dari berbagai wilayah di Cianjur. Selama bertugas relawan wajib mematuhi protokol kesehatan dan tidak berkerumun saat dan usai bertugas,” katanya, Sabtu (14/11/2020).

Setelah disortir dan dilipat, selanjutnya surat suara dan logistik lainnya akan didistribusikan. Prosesnya memprioritaskan PPK dan PPS, yang terletak di wilayah selatan. Sehingga sebelum hari H pencoblosan pada 9 Desember, seluruh logistik sudah sampai di tiap TPS.

Berkaca dari kejadian pada Pemilu 2019, terjadi keterlambatan logistik ke sejumlah wilayah, sehingga sempat membuat panik KPU hingga PPS, dan mereka tidak ingin hal itu terulang lagi. “Wilayah selatan menjadi prioritas pendistribusian, agar tidak terjadi keterlambatan. Setelah semua kebutuhan untuk Pilkada terpenuhi, akan langsung di distribusikan ke masing-masing PPK dan PPS yang ada di seluruh Cianjur, minimal satu hari menjelang semua logistik sudah sampai,” katanya.

Sedangkan untuk relawan yang bertugas menyortir dan melipat surat suara, diwajibkan mengunakan alat pelindung diri. Dan selama bertugas tetap menjaga jarak, sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. (Ant)

Lihat juga...