Pemkot Kupang Tutup Tiga Puskesmas Terkait Covid-19

Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man – Foto Ant

KUPANG – Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menutup tiga fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), setelah sejumlah dokter dan tenaga medis diketahui terkonfirmasi positif COVID-19.

“Ada tiga Puskesmas yang ditutup sementara. Semua kegiatan operasional di tiga Puskesmas itu dihentikan sementara,” kata Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, Minggu (22/11/2020).

Tiga Puskesmas yang ditutup sementara untuk kegiatan pelayanan medis adalah, Puskesmas Sikumana, Oebobo dan Oepoi. Dokter dan perawat di ketiga Puskesmas itu diketahui terpapar COVID-19, setelah menjalani pemeriksaan usap secara massal. Tercatat ada 10 orang tim medis yang dikonfirmasi positif terinveksi COVID-19.

Menurut Hermanus Man, penutupan ketiga Puskesmas tersebut, sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. “Apalagi, tiga Puskesmas ini memiliki tingkat kunjungan pasien yang sangat tinggi, sehingga harus ditutup sementara, sampai para petugas medis yang terpapar COVID-19 sembuh,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang itu menambahkan, pasien yang membutuhkan layanan kesehatan di ketiga Puskesmas tersebut, bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Puskesmas lainnya yang terdekat.

Pemerintah Kota Kupang diklaimnya, melakukan upaya pencegahan penyebaran dengan lebih tegas, utamanya dalam penerapan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan ini juga berlaku dalam berbagai pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Kami berharap petugas kesehatan benar-benar taat terhadap protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar COVID-19,” tandasnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Kupang, Ernest Ludji mengatakan, 114 orang pegawai di Puskesmas Oepoi sudah menjalani tes usap pada Sabtu (21/11/2020), namun hasilnya belum diketahui. “Mengingat sudah ditemukan ada kasus positif COVID-19 di Puskesmas Oepoi, untuk sementara tidak ada pelayanan kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...