Penambahan Covid-19 di Banyumas Nyaris tak Terkendali

Editor: Koko Triarko

Bupati Banyumas, Achmad Husein di Purwokerto, Kamis (19/11/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

PURWOKERTO – Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas, nyaris tak terkendali. Bupati Banyumas, Achmad Husein, pun meminta agar masyarakat tetap menggunakan masker, baik saat berada di dalam rumah maupun di luar rumah.

“Angka positivity rate kita sudah lebih dari 5 dan angka reproduksi efektif Covid-19 kita sudah di atas 1. Setiap hari selalu ada penambahan kasus positif baru dan angkanya di atas 10 orang,” kata Bupati, Kamis (19/11/2020).

Melihat perkembangan tersebut, Husein meminta agar masyarakat Banyumas lebih memperketat penggunaan masker, tidak hanya saat beraktivitas di luar rumah, tetapi di dalam rumah juga tetap menggunakan masker. Terlebih lagi jika di dalam rumah terdapat penghuni orang tua yang mempunyai penyakit pemberat seperti sakit gula, jantung, liver, TBC, gagal ginjal dan lain-lain.

“Kecuali kita berada di dalam kamar sendiri atau kita merasa aman, yakin seluruh penghuni rumah dalam kondisi sehat, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, sekarang ini tren penambahan kasus positif Covid-19 dari transmisi lokal, yaitu keluarga, sehingga pihaknya merasa perlu untuk meminta masyarakat tetap menggunakan masker di dalam rumah.

“Dalam kondisi apa pun selalu gunakan masker, tetapi gunakan masker dengan benar, yaitu menutup mulut dan hidung, karena jika penggunaannya tidak benar, tidak akan efektif untuk mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Husein mengakui, jika roda perekonomian harus terus berjalan, sehingga pusat-pusat keramaian seperti pasar tradisional atau pun mall tetap beroperasi. Namun, mematuhi protokol kesehatan wajib hukumnya dan harus dilakukan dengan disiplin serta ketat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, mengatakan saat ini jumlah yang terkonfirmasi positif ada 217 orang. Dari jumlah tersebut yang menjalani perawatan di rumah sakit ada 126 orang, kemudian isolasi mandiri ada 91 orang dan isolasi khusus 13 orang. Sedangkan jumlah yang meninggal dunia juga mengalami penambahan, sekarang total ada 32 orang.

“Betul seperti yang disampaikan Pak Bupati, penambahan kasus positif Covid-19 memang nyaris tak terkendali, kemarin saja dalam sehari ada penambahan 40 orang positif. Sampai sekarang total kasus positif Covid-19 di Banyumas sudah mencapai 1.046 orang,” jelasnya.

Sadiyanto menyebut, penambahan kasus positif ini mau tidak mau ada korelasinya dengan sejumlah kegiatan yang mendatangkan banyak orang di Alun-alun Purwokerto. Seperti aksi unjuk rasa dan lainnya.

“Memang waktu ada kegiatan kerumunan di Alun-alun Purwokerto, kita tidak lakukan swab test, tetapi pascabanyaknya kegiatan kerumunan tersebut, angka positif Covid-19 di Banyumas meningkat tajam, sudah pasti ini ada korelasinya dengan kerumunan di Alun-alun,” pungkasnya.

Lihat juga...