Pengunjung Pantai Parangtritis Diminta tak Bermain Terlalu ke Tengah

BANTUL — Tim Pencarian dan Pertolongan atau SAR Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau para pengunjung pantai tidak bermain air terlalu ke tengah agar tidak terseret gelombang tinggi yang melanda perairan selatan tersebut.

“Kami selalu mengimbau  pengunjung pantai  agar selalu melihat kondisi gelombang tinggi dengan tidak bermain air terlalu ke tengah,” kata anggota SAR Satlinmas Wilayah 3 Pantai Parangtritis Bantul Dwi Purwanto di Posko SAR Parangtritis, Minggu (1/11/2020).

Menurut dia, gelombang tinggi di Pantai Parangtritis pada musim liburan panjang akhir pekan ini tergolong tinggi, kemudian terdapat beberapa palung laut yang apabila wisatawan tidak menyadari berada di sekitar palung bisa membahayakan keselamatan diri.

“Pengunjung yang bermain air laut agar selalu menjauhi arah palung yang biasanya terlihat lebih landai, karena biasanya pengunjung tidak sadar menuju ke arah palung, jadi sangat membahayakan bagi pengunjung di objek wisata Pantai Parangtritis ini,” katanya.

Dia mengatakan, dalam upaya meningkatkan pengamanan wisatawan pantai, personel SAR juga melakukan patroli di pinggir pantai dan memberikan imbauan langsung ketika ada wisatawan yang terlalu asyik bermain atau mandi di laut. Dalam pengamanan ini diterjunkan sebanyak 69 personel.

“Kami juga selalu mengimbau para pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, diantaranya selalu memakai masker, menjaga jarak dan hindari berkerumun,” katanya.

Sementara itu, kepadatan wisatawan di Pantai Parangtritis mulai terjadi sejak awal cuti bersama, kemudian semakin padat mendekati akhir pekan, bahkan kepadatan pengunjung juga terjadi di kawasan Pantai selatan Bantul lainnya.

“Kunjungan wisata sudah meningkat beberapa hari lalu, termasuk di beberapa pantai seperti Pantai Depok dan Gua Cemara, kami lihat pengunjung banyak dari luar daerah di musim libur panjang ini, bahkan di TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) terjadi antrean,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru sebelumnya memprediksi kunjungan wisata selama liburan panjang minimal sebanyak 30 ribuan wisata berkunjung ke seluruh destinasi Bantul yang dikelola pemerintah dan beretribusi, dengan tujuan favorit masih objek wisata Pantai Parangtritis.

“Kalai hari libur itu harian di kisaran lima sampai 10 ribu wisatawan, kalau kita kali lima hari paling tidak di angka 30 ribuan untuk seluruh objek wisata, dominasi masih Pantai Parangtritis,” katanya. (Ant)

Lihat juga...