Peserta Karapan Sapi di Pamekasan Semua Dites Cepat COVID-19

Joki memacu sapi saat lomba karapan sapi se-Madura di Lapangan Murtajih Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (23/8/2020) – Foto Ant

PAMEKASAN – Panitia penyelenggara karapan sapi dari Bakorwil IV Pamekasan, Jawa Timur, memfasilitasi pelaksanaan tes cepat COVID-19, bagi pemilik dan tim karapan sapi pada ajang festival karapan sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bakorwil IV Pamekasan, Alwi Baek menyebut, hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19. Mengingat pelaksanaan festival karapan sapi kali ini, berlangsung saat pandemi COVID-19 berlangsung. “Ada 600 orang yang akan kita lakukan tes cepat, mengingat jumlah pasangan sapi yang akan bersaing memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI tahun ini sebanyak 24 pasangan sapi,” rincinya.

Mantan Sekda Pemkab Pamekasan tersebut mengatakan, masing-masing pasangan sapi, biasanya didukung oleh anggota tim yang berjumlah 25 orang. Sehingga, total jumlah pemilik dan tim anggota sapi karapan mencapai 600 orang.

Tes cepat nantinya digelar oleh masing-masing dinas kesehatan. Pemilik sapi karapan dan anggota timnya bisa masuk ke lapangan, apabila menunjukkan hasil tes cepat kepada panitia penyelenggara karapan sapi. “Jika tidak menunjukkan hasil rapid test, atau mengikuti rapid test, akan tetapi hasilnya reaktif, maka tidak boleh masuk lapangan karapan sapi, harus diganti dengan petugas lainnya,” kata Alwi.

Kebijakan lain, yang juga diterapkan panitia pada ajang festival karapan sapi yang akan digelar 21 November 2020 di lapangan Ketapang, Sampang itu, adalah tanpa penonton. “Tidak boleh ada penonton, sebagaimana karapan sapi pada tahun-tahun sebelumnya. Yang diperbolehkan hanya pemilik dan tim lapangan, yakni sebanyak 25 orang untuk masing-masing pasangan sapi kerap,” tegasnya. (Ant)

Lihat juga...