Petugas Gabungan Pengamanan Pilkada 2020 Rejang Lebong Mencapai 400 Personel

Logo Pilkada serentak 2020 - ANTARA

REJANG LEBONG – Pengamanan Pilkada 2020 Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melibatkan 400 orang personel gabungan dari TNI dan Polri.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno mengatakan, personel dari polres yang akan diturunkan mencapai dua pertiga kekuatan, atau berkisar 300 orang personel. Kemudian diperkuat personel TNI dari Kodim 0409/Rejang Lebong, maupun Yonif 144 Jaya Yudha Curup, serta Brimob Polda Bengkulu. “Polres Rejang Lebong mengerahkan dua pertiga kekuatan untuk mengamankan Pilkada Serentak 2020, nantinya akan ditambah dengan kekuatan lainnya,” jelasnya, Sabtu (7/11/2020).

Dijelaskannya, pengerahan personel baik kepolisian dan TNI, dalam pengamanan pemungutan pilkada 9 Desember mendatang, untuk menjaga pelaksanaannya. Sehingga tidak mendapat gangguan, dan bisa berjalan aman, kondusif, dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno – Foto Ant

“Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, kita bersama-sama dengan KPU, Bawaslu, paslon beserta LO dan tim suksesnya, untuk berkomitmen menciptakan pilkada aman, jujur, kondusif dan sehat,” terangnya.

Sementara itu, untuk mencegah timbulnya kerawanan dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020, telah dilakukan upaya pemetaan. Hasilnya dibedakan dalam empat klasifikasi, kategori aman, rawan, sangat rawan dan khusus.

Adapun untuk wilayah yang masuk dalam kategori sangat rawan, ada beberapa titik, terutama daerah perbatasan dengan kabupaten lain. Seperti Kecamatan Kota Padang yang berbatasan dengan Provinsi Sumsel, kemudian Padang Ulak Tanding (PUT) dengan Kota Lubuklinggau, Sumsel.

Selain itu, ada juga wilayah yang berbatasan dengan kabupaten lain di Provinsi Bengkulu, seperti Kepahiang dan Lebong. Di wilayah perbatasan ini salah satu kerawanannya adalah, eksodus pemilih, sehingga harus diantisipasi agar nantinya tidak menjadi konflik pilkada. (Ant)

Lihat juga...