Polisi Tebar Anemon di Pantai Jerangkat

MENTOK – Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama Pengadilan Negeri Mentok, menebarkan “anemon” laut di Pantai Jerangkat untuk menjaga kelestarian ekosistem laut di daerah itu.

“Kegiatan bersama ini kami harapkan bisa membantu menjaga kelestarian laut, sekaligus bermanfaat untuk memajukan pariwisata daerah,” kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu (15/11/2020).

Anemon laut merupakan hewan menyerupai tumbuhan yang berfungsi mengisi ruang kosong di kawasan terumbu karang yang mati dan tidak produktif.

Dengan penebaran anemon di lokasi itu, diharapkan bisa mengundang koloni ikan hias untuk berkumpul, sehingga akan menambah indah lokasi wisata dasar laut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga kelestarian ekosistem laut,” katanya.

Pada kegiatan itu, Kapolres Fedriansah bersama Ketua PN Mentok Golom Silitonga, dan sejumlah pejabat dan personel melakukan penebaran dengan menyelam ke dasar laut Pantai Jerangkat .

Ia mengatakan, kegiatan seperti itu akan terus dilakukan di beberapa lokasi potensial, guna menjaga kelestarian lingkungan karena anemon merupakan salah satu sumber kehidupan bagi sejumlah ikan dilindungi.

Dengan banyaknya anemon di terumbu karang, kata Fedriansah, Pantai Jerangkat akan menjadi tempat pemijahan ikan yang baik, sehingga jumlahnya akan terus meningkat.

“Populasi ikan aneka warna yang meningkat akan menjadi daya tarik wisatawan menyelam di lokasi itu. Ini akan berdampak positif pada pariwisata Pantai Jerangkat,” katanya. (Ant)

Lihat juga...