Polres Bangka Barat Siapkan Tim Selam Antisipasi Bencana

MENTOK – Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tim selam sebagai persiapan untuk membantu korban bencana yang mungkin terjadi di daerah kepulauan tersebut.

“Personel sudah disiapkan dengan dukungan peralatan yang memadahi, kami berharap personel makin siap diterjunkan saat dibutuhkan,” kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu (8/11/2020).

Selain menyiapkan personel, Polres Bangka Barat juga telah melakukan koordinasi lintas sektor dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengatasi berbagai bencana yang mungkin terjadi di daerah itu.

“Gelar pasukan bersama seluruh petugas dari instansi terkait dan para prajurit TNI, juga sudah kami lakukan untuk melihat kesiapan personel dan peralatan pendukung seluruh tim gabungan,” katanya.

Kepala Satpolair Polres Bangka Barat, AKP Candra Wijaya, mengatakan telah siap mendukung kegiatan bersama tersebut dengan menyiapkan 16 orang personel yang siap diterjunkan pada saat dibutuhkan.

Perlengkapan pendukung juga dalam kondisi siap, seperti tiga unit kapal, dua unit perahu karet dan empat set perlengkapan selam.

Ia mengatakan, potensi bencana yang mungkin terjadi di daerah itu, antara lain banjir yang biasa terjadi saat curah hujan tinggi bersamaan dengan pasang air laut tinggi, angin kencang dan gelombang tinggi.

“Saat cuaca tidak mendukung, kita harus waspada dan saling menjaga, agar tidak terjadi kecelakaan, kepada para nelayan kami minta hati-hati saat melaut,” katanya. (Ant)

Lihat juga...