Produksi Bawang Merah Petani Muda di Solok, Raup Untung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SOLOK – Bertani di usia muda ternyata memberikan keuntungan yang baik bagi petani muda yang ada di Jorong Taratak Betung, Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Misalnya bagi Asra. Dia masih berusia 29 tahun, tapi telah memiliki pengalaman soal bertani bawang merah.

Alasan Asra memilih menjadi petani bawang merah, karena di perkampungannya berada di lahan yang sangat bagus untuk bertani bawang merah. Melihat potensi itu, perempuan yang baru menikah ini pun memantapkan komitmen agar menjadi petani bawang merah.

“Saat ini saya memiliki lahan perkebunan yang tidak begitu luas,  tidak sampai 1 hektare. Tapi bagi saya lahan seluas itu sudah cukup, karena lahan yang ada kini bisa memberikan saya pengalaman soal bertani bawang merah,” katanya ketika dihubungi Cendana News dari Padang, Senin (2/11/2020).

Ia menyebutkan, pengalaman bertani bawang merah awalnya diketahui dari keluarganya yang juga telah cukup lama menjadi petani bawang merah. Setelah dari awal mengikuti cara mulai menanam bawang, merawat, hingga memanen, kini dia pun memberanikan diri mengelola lahan sendiri.

“Kemarin saya baru saja panen. Belum semuanya bisa dipanen, karena memanen bawang seluas kurang dari 1 hektare itu perlu bertahap,” ujarnya.

Menurutnya, melihat hasil panen dulu, untuk luas lahan 1 hektare bisa mencapai 15-20 ton. Dengan demikian mengingat lahan yang dikelolanya tidak sampai 1 hektare, ada kemungkinan panen kali ini di bawah 15 ton.

Dikatakannya, dengan adanya kondisi panen dan harga bawang di pasar yang cukup bagus, maka hasil panen diperkirakan bisa meraup untung. Baginya dengan usia yang masih muda ini, memiliki lahan pertanian bawang merah adalah sebuah kenikmatan hidup yang patut disyukuri.

“Harga bawang sekarang itu Rp20.000 per kilogram. Harga itu terbilang cukup bagus, dan saya pun jadi bersemangat untuk menjadi petani bawang merah,” ujarnya.

Asra menceritakan bahwa dirinya dulu sempat putus asa dalam mencari kerja, bahkan menjadi jurnalis pun telah dilaluinya. Nyatanya profesi itu pun tak lama dilalui, dan dia memilih untuk kembali ke kampung halaman melihat peluang perkebunan bawang merah.

Kini dia bersama sang suami menjalani hari-hari menjadi petani di Alahan Panjang Solok. Baginya dalam situasi Covid-19 ini memiliki usaha  bertani adalah cara yang tepat untuk bertahan hidup.

“Kalau dipikir-pikir jika masih mondar mandir ke Kota Padang dalam kondisi pandemi ini, akan sulit mendapatkan pekerjaan. Nah sekarang ini jadi petani, dan hal ini sangat menyenangkan, untung dapat, sehat pun dapat,” ungkap Asra.

Menjalani hari-hari sebagai petani bawang merah yang tergolong masih muda, Asra pun menyampaikan sejatinya ada cara untuk bisa jadi orang sukses. Karena tidak harus memakai jas dan berdasi sebagai ukuran orang sukses. Jadi petani pun bisa menjadi orang sukses.

“Penghasilan seorang petani itu menggiurkan, puluhan juta bisa dikantongi. Pikiran jauh dari tekanan kerja, dan tidak ada batasan mau libur kapan. Karena kita bekerja untuk kebutuhan diri sendiri, bukan untuk sebuah perusahaan,” tegas Asra.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Admaizon, menambahkan, di daerah tersebut saat ini menjelma menjadi kawasan produksi bawang merah yang terbesar di Sumatera dengan luas panen dalam setahun kurang lebih 7.300 hektare.

Seperti halnya di Kecamatan Lembah Gumanti mencapai 4.600 hektare dan kecamatan sentra lain juga sangat prospektif yaitu Lembang Jaya 860 hektare, Danau Kembar 567 hektare, Pantai Cermin 479 hektare serta melebar ke kecamatan lain serta sekitarnya.

“Hasil produksi bawang merah di Solok ini sebagian besar untuk daerah di Sumatera yakni Sumatera Selatan, Jambi, Riau dan Sumut. Dan bahkan bisa menembus Jabodetabek,” jelasnya.

Dia menyebutkan, ada pun varietas bawang merah yang ditanam adalah SS Sakato, Singkil Medan, Gajah, Bima Brebes dan Maja Cipanas. Umumnya varietas ini telah beradaptasi dengan kondisi alam Solok yang beriklim dingin.

Lihat juga...