PSV Eindhoven Gasak Willem II 3-0

JAKARTA — PSV Eindhoven menggasak tim tamu Willem II 3-0 yang harus mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain dalam laga pekan kedelapan Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Phillips, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Ketika Philipp Max dan Mario Gotze membuat PSV unggul dua gol, Willem II malah harus bermain dengan 10 orang kala Derrick Kohn mendapat kartu merah langsung dari wasit. Kepincangan lini belakang itu langsung dimaksimalkan tim tuan rumah untuk mencetak gol tambahan melalui Donyell Malen.

Raihan tiga poin itu membuat PSV kembali ke posisi ketiga dengan raihan 19 poin atau terpaut tiga angka dari Ajax dan Vitesse di puncak.

Sementara Willem II terus terperosok dan kini berada di posisi 14 dengan koleksi lima poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

PSV langsung menggebrak di awal laga. Donyell Malen sudah menciptakan satu peluang beberapa detik sejak sepak mula. Sayang sepakannya dari sudut sempit masih bisa diamankan kiper Willem II Jorn Brondeel.

Memasuki menit ke-14, Philipp Max membuat papan skor berubah 1-0 untuk keunggulan PSV. Berawal dari umpan terobosan Pablo Rosario kepada Philipp, Max langsung melepaskan sepakan mendatar yang sulit dijangkau kiper.

Enam menit berselang, bekas pemain Bayern Munchen Mario Gotze kembali menambah pundi-pundi golnya ketika epakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti terlalu kencang untuk ditepis Brondeel.

Seolah ingin terus menghantam tamunya, para pemain PSV memaksa Willem II untuk bertahan. Mereka hanya bisa menyerang melalui serangan balik cepat saat pemain PSV melakukan kesalahan.

Petaka bagi Willem II terjadi pada menit ke-63. Derrick Kohn terlihat menjegal dengan keras bek PSV Denzel Dumfries. Wasit Allard Linhout tanpa basa-basi langsung mengeluarkan kartu merah.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan tim asuhan Roger Schmidt untuk kembali mengubah papan skor. Memasuki menit ke-83, Donyell Malen membuat skor semakin lebar menjadi 3-0 berkat sepakan dari dalam kotak penalti.

Berikut susunan pemain:
PSV Eindhoven (4-2-2-2): Yvon Mvogo; Denzel Dumfries, Jordan Teze, Olivier Boscagli, Philipp Max; Ibrahim Sangare (Ibrahim Sangare), Pablo Rosario (Adrian Fein); Mario Gotze (Mauro Junior), Cody Gakpo (Madueke); Eran Zahavi, Donyell Malen.
Pelatih: Roger Schmidt

Willem II (4-3-3): Jorn Brondeel; Leroy Owusu, Sebastian Holmen, Jordans Peters, Derrick Kohn; Pol Llonch, Mike Tresor (Ole Romely), Jan van der Heijden (Gorkem Saglam); Che Nunnely, Vangelis Pavlidis (Miquel Nelom), Mats Kohlert.
Pelatih: Adrie Koster (Ant)

Lihat juga...