Puluhan Petugas Lakukan Sorlip Kertas Suara Pilkada Karawang

Petugas melakukan sorlip kertas suara Pilkada Karawang, Kamis (19/11/2020) – Foto Ant

KARAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menurunkan puluhan petugas, untuk melakukan sortir lipat (sorlip) kertas suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid mengatakan, pihaknya telah menerima 1.684.765 lembar surat suara. Jumlahnya masih ditambah 2 ribu lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang. Seluruh surat suara disimpan di Gedung Olahraga (GOR) Panatayudha Karawang, dengan pengawalan dan pengawasan ketat pihak kepolisian bersenjata lengkap. “Hari ini mulai dilakukan kegiatan sorlip (sortir lipat),” kata Farid, Kamis (19/11/2020).

KPU menurunkan 30 orang untuk melakukan sorlip surat suara. Mereka merupakan tenaga kerja khusus, yang telah dibekali kemampuan melipat kertas dengan presisi dan tepat. Sehingga kegiatan sorlip surat suara bisa dilakukan dengan cepat.

Untuk pengamanan, pihak kepolisian dari Polres Karawang menurunkan puluhan petugas untuk menjaga GOR Panatayudha, yang menjadi tempat penyimpanan kertas suara. Dalam sehari terdapat 24 polisi bersenjata lengkap, yang menjaga tempat penyimpanan kertas suara itu.

Pilkada Karawang diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, pasangan Yesi Karya Lianti dan Adly Fayruz (PDIP, PBB, PAN dan PPP). Kemudian pasangan Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaepuloh (Partai Demokrat, Golkar, PKS dan NasDem). Dan pasangan Ahmad Zamakhsyari dan Yusni Rinzani yang diusung Partai Gerindra, PKB dan Hanura. (Ant)

Lihat juga...