Puncak Arus Balik, Bandara YIA Kulon Progo Didatangi 8.102 Penumpang

Suasana di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Minggu (1/11/2020) – Foto Ant

KULON PROGO – Puncak arus balik, libur panjang Maulid Nabi Muhammad, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, didatangi 8.102 penumpang. Jumlah tersebut adalah akumulasi untuk penumpang yang berangkat dan datang pada Minggu (1/11/2020).

Airport Duty Manager YIA, Budi Wiyono mengatakan, berdasarkan data yang masuk, jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 5.346 orang. Sedangkan yang turun sebanyak 2.756 orang. “Puncak arus balik di Bandara YIA ini memecahkan rekor sejak Bandara YIA beroperasi pada Maret 2019. Total penumpang mencapai 8.102 orang,” kata Budi, Minggu (1/11/2020).

Jumlah penumpang tersebut mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan rata-rata trafik penumpang per-hari yang hanya 3.500 sampai 4.000 orang penumpang. Begitu juga dengan jumlah penerbangan, di Bandara YIA saat ini ada 45 hingga 55 rute penerbangan.

Di masa libur panjang ini, rute paling banyak di Bandara YIA adalah rute dari dan menuju Cengkareng Jakarta, rute Balikpapan, Banjarmasin dan Denpasar. “Kita berdoa, semoga COVID-19 ini segara dapat ditangani, sehingga jumlah penumpang dan penerbangan di Bandara YIA normal sesuai yang ditargetkan,” tandasnya.

Budi mengatakan, Bandara YIA sudah memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Hal tersebut sesuai surat edaran Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, No.7/2020, tentang Kriteria dan persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.

Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19, PT AP I memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh area Bandara YIA. “Kami memberlakukan protokol kesehatan secara ketat, penerapan jaga jarak, memakasi masker, dan pengecekan kursi tempat duduk,” katanya. (Ant)

Lihat juga...