Ribuan Keluarga di Mukomuko Terima BLT-DD Bulan ke-Lima

DPMD Kabupaten Mukomuko mengumpulkan laporan realisasi penggunaan dana desa – Foto Ant

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebut, sudah ada 8.470 keluarga atau 94 persen dari 9.011 keluarga terdampak COVID-19 di daerah tersebut, telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bulan ke lima.

“Sebanyak 8.470 keluarga yang telah menerima BLT-DD tahap ke lima tersebut tersebar di 139 desa dari 148 desa di daerah ini,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Wagimin, Senin (2/11/2020).

Lebih lanjut dikatakan, sebanyak 541 keluarga terdampak COVID-19, masih belum menerima penyaluran BLT-DD tahap ke lima. Distribusi untuk keluarga tersebut dipastikannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Semua desa, dari sebanyak 148 desa di daerah tersebut, belum lama ini disebutnya telah menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga. Sehingga desa mempunyai stok dana yang cukup, untuk membagikan BLT-DD kepada keluarga terdampak COVID-19.

Sebelumnya, ada sejumlah desa yang belum membagikan BLT-DD karena desa tidak memiliki stok dana dalam APBDes untuk membagikan BLT-DD tersebut. “Desa ini menunggu penyaluran dana desa tahap ketiga, dan sekarang semua desa ini telah menerima penyaluran dana desa tahap ketiga dari pemerintah setempat dan KPPN,” ujarnya.

Ia menyebut, sebanyak 8.470 keluarga penerima manfaat BLT-DD, dan setiap keluarga menerima pembagian BLT-DD bulan ke lima sebesar Rp300 ribu. Sedangkan total dana BLT-DD bulan ke lima yang telah diterima oleh sebanyak 8.470 keluarga warga yang terdampak COVID-19 di daerah ini yakni sebesar Rp2,541,000,000. (Ant)

Lihat juga...