RSUD Nagan Raya Aceh Sudah Tidak Merawat Pasien COVID-19

Tim dokter memeriksa awal pasien terkait wabah corona atau COVID-19 di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) – Foto Ant

SUKA MAKMUE – Satu pekan terakhir, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nagan Raya sudah tidak lagi merawat pasien infeksi COVID-19.

“Alhamdulillah, sejak satu pekan ini tidak ditemukan masyarakat di Kabupaten Nagan Raya yang terinfeksi COVID-19,” kata Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Ika Suhannas, Senin (23/11/2020).

Keberhasilan untuk melakukan pengurangan pasien terinfeksi virus corona jenis baru tersebut disebabkan beberapa faktor. Di antaranya peningkatan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, seperti yang dianjurkan pemerintah. Masyarakat sudah rajin memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, menjauhi kerumunan, menjaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan lainnya.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Ika Suhannas, ketika ditemui Senin (23/11/2020) – Foto Ant

Selain itu, faktor keberhasilan tersebut terjadi setelah Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya bersama tim gabungan, terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP serta otoritas terkait, gencar melakukan penertiban penggunaan masker di sejumlah sarana publik.

Penertiban yang dilakukan tersebut semata-mata untuk meningkatkan kedisplinan masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan. “Jadi yang kami kejar bukan jumlah dendanya, akan tetapi kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan,” tambah Ika Suhannas.

Selama ini, jumlah masyarakat di Kabupaten Nagan Raya yang terinfeksi COVID-19 mencapai 145 orang. Dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 129 orang, meninggal dunia 16 orang, serta warga yang berstatus orang tanpa gejala lima orang. (Ant)

Lihat juga...