Sampah Liar di Kampung Kebantenan Jatiasih Masih Dibiarkan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Tumpukan sampah liar ditengah pemukiman warga berlokasi di perbatasan antara Kelurahan Jatimekar-Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, masih terbiarkan. Belum ada tindakan apapun dari petugas setempat, meski minggu lalu sudah diberitakan.

Terlihat tumpukan sampah terus bertambah, akibat pembiaran dari pemerintahan setempat untuk membersihkan tumpukan sampah liar di kampung Kebantenan tersebut. UPTD LH sebelumnya, saat di konfirmasi meminta wartawan mempertanyakan ke pihak lingkungan kenapa angkutan dihentikan.

“Masih, belum ada petugas yang datang mengangkut sampah liar di Komplek Kebantenan tersebut. Kami mau saja bantu, bersihkan tapi kan perlu diangkut, di RT kami tidak ada kendaraan untuk mengangkut sampah tersebut,” ujar Bang Beceng, Ketua RT 03/08, kepada Cendana News, Rabu (18/11/2020).

Ia mengaku, siap berkoordinasi jika diundang oleh pihak Kecamatan ataupun kelurahan untuk menjelaskan kondisi yang terjadi. Ditegaskan bahwa tumpukan tersebut adalah sampah liar bukan yang dikelola oleh lingkungan.

Menurutnya, berbagai cara sudah dilakukan untuk menjaga lokasi di jalur komplek tersebut agar tidak terjadi pembuangan sampah liar. Tapi tetap saja warga membuang, saat melintas.

“Itu bukan warga sini (RT 03) yang buang. Tapi dari berbagai tempat, karena itu jalur lintasan komplek. Sebelumnya memang diangkut LH tapi, tidak konsisten,”paparnya.

Camat Jatiasih, Mariana dikonfirmasi terpisah, terkait keberadaan tumpukan sampah liar di tengah pemukiman warga Kampung Kebantenan, segera ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan UPTD, RT, RW terkait.

“Saya akan segera tindak lanjutin info ini. Kami punya deadline waktu tentunya melakukan koordinasi, komunikasi ke semua pihak. Agar segera dilakukan penanganan,”ujarnya kepada Cendana News.

Dikatakan bahwa sebelumnya, terkait tumpukan sampah di lingkungan RT03/08 tersebut sudah ditangani bahkan sudah sampai ke DPRD Kota Bekasi. tapi belakangan kembali lagi terjadi tentu akan diselesaikan.

Dia memastikan komitmennya dalam menjaga kebersihan lingkungan bersama masyarakat untuk menciptakan Jatiasih bebas banjir setidaknya meminimalisir kemungkinan menyambut musim penghujan.

“Saya tidak mau menyalahkan siapa-siapa. Pastinya membangun dan menjaga lingkungan menjadi tanggungjawab bersama, tidak hanya pemerintah saja,”pungkasnya.

Diketahui, lokasi tumpukan sampah tersebut sebelumnya pernah viral melalui media sosial oleh Camat sebelumnya. Tapi belakangan ini, kondisi lokasi tumpukan sampah liar tersebut kembali terjadi dan kian parah. Belum ada lagi perhatian dari kecamatan atau kelurahan Jatiasih.

Saat Cendana News, ke lokasi sampah untuk mengambil gambar terlihat Ketua RW bersama Sekreterasi Kelurahan Jatiasih sudah berada di lokasi melakukan tinjauan.

Ketua RW 08, Riman berharap ada mediasi antara Kelurahan Jatiasih dan Jatimekar. Karena lokasi sampah tersebut berada di jalur perbatasan. Sehingga bisa dibuatkan komitmen bersama.

“Kami akan Koordinasi dengan kelurahan Jatimekar, untuk langkah penyelesaian sampah liar di Kampung Kebantenan tersebut,”tambah Roni sekretaris kelurahan Jatiasih saat meninjau lokasi.

Lihat juga...