Sebanyak 60.000 Pelaku UMKM di Solo Mendaftar Bansos Tahap Tiga

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta, Heri Purwoko – Foto Ant

SOLO – Sebanyak 60.000 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Solo, sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan sosial produktif tahap tiga. Pendaftaran dilakukan secara daring.

“Yang sudah daftar secara online sekitar itu (60.000), tetapi yang sudah melengkapi berkas baru sekitar 11.000 pelaku usaha,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solo, Heri Purwoko, Minggu (15/11/2020).

Untuk data seluruh pendaftar, yang sudah melengkapi berkas, sudah diajukan ke pemerintah pusat. Proses pengajuan dilakukan secara bertahap. “Sejauh ini pusat menunjukkan sinyal bahwa kuota masih sangat cukup, sehingga harapannya kalau memang 60.000 pelaku usaha ini seluruhnya memenuhi syarat maka akan kami ajukan,” tambahnya.

Pendaftaran secara daring, dibuka oleh Pemkot Surakarta hingga 23 November 2020. Sedangkan untuk kelengkapan berkas, dibuka hingga 30 November 2020. Untuk pendaftaran tahap ketiga, dilakukan berbeda dengan tahap pertama dan kedua, yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Pada tahap awal, seluruh proses dilakukan secara langsung atau luar jaringan. “Kalau di tahap ketiga ini, pendaftaran kami buka secara online (daring). Meski demikian, untuk melengkapi berkas memang masih dilakukan secara langsung, yaitu pendaftar datang ke Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, namun waktunya lebih singkat,” jelasnya.

Sama dengan pendaftaran pada tahap pertama dan kedua, untuk tahap ketiga kali ini, masih ada beberapa pendaftar yang ternyata bukan merupakan warga Kota Solo. Ia mengatakan, beberapa warga ber-KTP luar kota, tidak memenuhi syarat pengajuan bantuan sosial produktif tersebut. “Bahkan ada yang ber-KTP Sumatera. Mereka menganggap ketika berjualan di Solo maka bisa mengajukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta, tetapi kan tidak bisa,” tandasnya.

Sebelumnya, pada tahap pertama dan kedua bansos sudah disalurkan pada Agustus 2020. Pada dua tahap tersebut, ada 18.444 pelaku usaha dari Solo yang lolos seleksi administrasi. (Ant)

Lihat juga...