Sejumlah Wisata Air di Banyumas Mulai Beroperasi

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Sebagian besar wisata air, khususnya kolam renang di Bayumas, sudah mulai beroperasi. Sepanjang tempat wisata sudah melengkapi protokol kesehatan yang ditentukan, maka diperbolehkan untuk buka.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani, mengatakan, pembukaan wisata kolam renang sudah mulai sekitar sebulan lalu dan dilakukan bertahap. Pihaknya melakukan seleksi dan pemeriksaan lokasi bersama tim gugus tugas terlebih dahulu, jika memenuhi persyaratan, baru izin buka diperbolehkan.

”Kalau wisata air secara umum seperti curug dan sejenisnya sudah lama dibuka, namun khusus untuk kolam renang baru sekitar sebulan mulai dibuka satu per satu,” kata Asis, Minggu (15/11/2020).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani, di Purwokerto, -Dok: CDN

Beberapa wisata kolam renang yang sudah mulai beroperasi, antara lain kolam renang Bukit Kendalisada atau Buken, kemudian Dream Land di Ajibarang, kolam renang di Desa Melung dan lain-lain.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Wakhyono, menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembukaan objek wisata kolam renang, antara lain pengunjung kolam renang diwajibkan mandi terlebih dahulu sebelum turun ke kolam renang.

Kemudian, pihak pengelola wajib menyediakan tempat untuk meludah, bisa berupa ember yang ditempatkan di sekitar kolam renang atau lainnya. Hal ini penting untuk menghindari pengunjung meludah di kolam renang.

Selain itu, jumlah pengunjung atau orang yang turun ke kolam renang harus dibatasi. Pihak pengelola juga harus membentuk tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 yang khusus mengawasi kolam renang. Tim ini bertugas untuk mengingatkan pengunjung bila ada yang melanggar protokol kesehatan, serta memantau jumlah pengunjung.

“Ada banyak protap yang harus dipenuhi, jika semua protap sudah ada, baru pihak pengelola bisa mengajukan izin buka ke Dinporabudpar, selanjutnya kita cek kondisi di lapangan, jika sudah sesuai dengan aturan, baru kita ajukan ke tim gugus tugas,” terangnya.

Sementara itu, wisata kolam renang Buken yang terletak di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, tampak sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan. Kolam renang yang mengandalkan kesejukan air pegunungan dari lereng Gunung Slamet ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Salah satu pengunjung Buken, Vivin, mengatakan air kolam renangnya sejuk dan tidak berbau kaporit, selain itu juga banyak wahana permainan untuk anak, sehingga ia memilih mengajak anaknya berlibur ke Buken.

“Di Buken tempatnya nyaman, sejuk dan tidak terlalu jauh dari Kota Purwokerto, sehingga kita benar-benar bisa menikmati berwisata, tidak lelah di perjalanan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga lebih baik berwisata yang dekat-dekat saja,” tuturnya,

Lihat juga...