Sentra Ekonomi Taman Diponegoro Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANYUMAS — Selama kurang lebih dua bulan, Korem 071/Wijayakusuman menggelar kegiatan Serbuan Teritorial di Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Saat ini sudah terbangun sentra ekonomi yang diharapkan akan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat desa.

Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf. Dwi Lagan Safrudin mengatakan, dipilihnya lokasi Desa Darmakradenan sebagai tempat serbuan teritorial, karena desa tersebut tidak memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes), sedangkan potensi perekonomian yang bisa digarap cukup banyak.

“Kegiatan Serbuan Teritorial Korem 071/Wijayakusuma sudah berlangsung selama dua bulan dan hari ini selesai, langsung kita serahterimakan kepada masyarakat serta pihak desa untuk pengelolaan lebih lanjut,” jelas Danrem, Senin (23/11/2020).

Penyelarahan hasil karya bakti serbuan teritorial ini berlangsung di halaman SD Negeri 3 Darmakradenan yang dijadikan sebagai markas selama kegiatan berlangsung. Serbuan teritorial meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik seperti rehab Rumah Tidak Layak Huni (TRLH) dan jambanisasi diserahkan kepada masyarakat penerima langsung. Begitu pula dengan giat penanaman 40.000 pohon, diserahkan kepada masyarakat. Sedangkan untuk sentra ekonomi yang satu lokasi dengan pembangunan Taman Diponegoro, serta pipanisasi, diserahkan kepada pemerintah desa untuk pengelolaan lebih lanjut.

Lebih lanjut Danrem memaparkan, sentra perekonomian akan segera dioperasikan dan diharapkan akan mampu mendongkrak ekonomi warga sekitar. Masyarakat Desa Darmakradenan bisa mulai berjualan di lokasi sentra ekonomi, pengaturannya diserahkan kepada pihak desa yang akan berkoordinasi dengan PT Rumpun Sari Antan (RSA), selaku pihak pengelola aset Kodam Diponegoro di wilayah Banyumas.

“Selama dua bulan pengerjaan, tentu ada hambatan terutama faktor cuaca, dimana sering turun hujan lebat. Namun, semua bisa cepat diatasi dan pembangunan sentra ekonomi serta giat lainnya dalam rangka serbuan teritorial bisa selesai tepat waktu,” terang Danrem.

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra menambahkan, pembangunan sentra ekonomi ini tidak lepas dari peran masyarakat desa juga yang secara aktif turut membantu proses pembangunan sejak awal hingga akhir.

“Pembangunan sentra ekonomi ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI bersama rakyat, begitu juga dengan berbagai kegiatan lainnya dalam serbuan teritorial Korem 071/Wijayakusuma,” tuturnya.

Kepala Desa Darmakradenan, Imam WS mengatakan, sampai saat ini sudah banyak masyarakat desa yang mengajukan diri ingin berjualan di lokasi sentra ekonomi. Sebab, Desa Darmakradenan kaya akan potensi UMKM , seperti keripik pisang, madu dan lain-lain.

“Sedang kita susun format untuk berjualan di lokasi sentra ekonomi, supaya dapat menampung cukup banyak masyarakat, mungkin nanti akan kita buat hari pasaran khusus, dimana masyarakat bisa berjualan dalam jumlah cukup banyak di lokasi,” kata Kades.

Usai serah terima hasil serbuan teritorial, Danrem beserta Dandim Banyumas makan bersama dengan para anggota TNI yang selama ini bertugas membangun sentra ekonomi. Danrem menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota yang sudah dua bulan fokus membangun sentra ekonomi.

Lihat juga...