Sikomandan, Program Tanah Bumbu Menuju Swasembada Daging

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Berkat, saat melakukan pemeriksaan dan kebuntingan sapi di Kecamatan Satui – Foto Ant.

TANAH BUMBU – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, di 2020 ini menargetkan menjadi daerah berswasembada daging. Kegatannya dilakukan melalui program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau Sikomandan.

“Program sikomandan merupakan upaya meningkatkan populasi sapi ternak khususnya di Tanah Bumbu hingga tingkat nasional,” kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Berkat, di Batulicin Senin (9/11/2020).

Program tersebut merupakan kelanjutan dari Dirjen Peternakan, yang telah dijalankan sejak Januari 2020 lalu. Ditargetkan, kelahiran sapi sejak Januari hingga Desember 2020 sebanyak 1.960 ekor. Saat ini sudah terealisasi sekira 1.290 ekor sapi.

Artinya, dari target kelahiran, baru tercapai sekitar 65,82 persen. Sedangkan untuk sapi bunting, ditergetkan sekitar 1.215 ekor, target pemeriksaan kebuntingan 2.000 ekor terealisasi 1.215 ekor, sedangkan target kawin sekitar 3.920 ekor terlaksana 1.774 ekor.

Menurut Berkat, populasi sapi yang di kabupaten Tanah Bumbu berada di lima kecamatan, Mentewe, Kusan Hulu, Kuranji, Angsana dan Kecamatan Sungai Loban. “Kami optimis, jika program ini terpenuhi 100 persen, maka Tanah Bumbu menjadi swasembada daging terlebih untuk daerah lain yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sejauh ini, untuk memenuhi kebutuhan dagi bagi masyarakat, para pedagang daging mendatangkan sapi dari daerah Sulawesi dan Madura. Rata-rata per tahun sapi yang didatangkan mencapai 1.500 ekor sapi, jenis Bali dan Madura. “Agar program ini bersinergi dengan program pemerintah pusat, pemerintah daerah juga menggratiskan Inseminasi Buatan (IB) melalui Balai Inseminasi Buatan Prov Kalsel yang dianggarkan dari APBD,” lanjutnya.

Bukan hanya itu, pemerintah daerah juga menyediakan inseminator. Di setiap dua desa, harus ada satu petugas, yang bertanggung jawab dalam program tersebut. Saat ini di Kabupaten Tanah Bumbu sudah ada 23 inseminator. (Ant)

Lihat juga...