Sodetan Baru di Kali Cakung Masih Belum Dikembalikan Pengembang

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Sodetan pengalihan aliran Kali Cakung di Perbatasan antara Kelurahan Jatisari dengan Jatiranggon, Kota Bekasi, Jawa Barat, belum dikembalikan pihak pengembang seperti awal.

Maman Warman Tim Patroli Kali bentukan Dinas LH Provinsi Jabar di Kota Bekasi saat memberikan keterangan, Rabu (25/11/2020). Foto: Muhammad Amin

Padahal pihak kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, sudah melakukan tinjauan ke lokasi untuk mengingatkan kepada pihak pengembangan agar segera mengembalikan saluran air seperti awal dengan membuka timbunan secara total.

“Saya sudah lapor ke pihak Kecamatan dan Kelurahan terkait sodetan baru pengalihan aliran Kali Cakung. Tapi sepertinya responnya lambat,” ungkap Tim Patroli Sungai DLH Jabar, Maman Warman, kepada Cendana News, Rabu (25/11/2020).

Dia menegaskan, tidak ada alasan apapun pengalihan aliran kali Cakung. Mengingat hal tersebut adalah kali alam yang telah memiliki peta sendiri.

Menurutnya, saat ini tim Patroli Kali binaan DLH Jabar, sangat concern, melakukan pemantauan setiap aliran Kali di wilayah Kota Bekasi baik di Kali Cikeas, Cakung, Kali Bekasi dan lainnya.

“Tidak ada alasan apapun, apa yang dilakukan pengembang menyalahi. Meski sudah koordinasi dengan RT/RW. Karena ini soal aliran kali alam,” tegas Kang Abel, meminta pemerintah Kota Bekasi segera menindak tegas.

Sementara dikonfirmasi terpisah Camat Jatisampurna, Wahyudi, menegaskan bahwa telah meminta pihak Kelurahan segera melakukan tindakan meminta pihak pengembang segera melakukan pengembalian pengalihan sodetan baru yang dilakukan seperti awal.

“Saya sudah minta Lurah Jatiranggon, segera menindak sodetan baru Kali Cakung oleh pengembang dari Wahana. Tapi jika tidak selesai juga, maka biar kecamatan akan memanggil pihak pengembang,” tegasnya.

Dia berharap, kelurahan bisa segera menyelesaikan pengembalian persoalan sodetan baru Kali Cakung.

Pantauan Cendana News di lokasi, di ujung komplek Wahana, sodetan baru Kali Cakung oleh pengembang belum dikembalikan seperti semula. Aliran air Kali Cakung masih dibelokkan ke sebelah kiri.

Bahkan warga sekitar mengaku saat hujan beberapa waktu lalu air sudah mau melimpah ke pemukiman warga akibat sodetan baru tersebut.

Lurah Jatiranggon, Ahmad Hidayat, dikonfirmasi terkait Kali Cakung, mengaku sudah meminta Sekretaris Lurah kembali melakukan tinjauan ke lokasi sodetan dan bertemu langsung perwakilan.

“Kami sudah tinjau lagi, dengan mengirim sekretaris, dan bertemu langsung dengan pihak pengembang. Dan intinya pengembang siap, mengembalikan lagi, seperti awal. Tapi pihak pengembang beralasan alat beratnya masih ditempat lain,” ujarnya.

Namun demikian dia memastikan akan dikembalikan seperti awal. Karena Aliran Kali Cakung yang dilakukan sodetan tersebut merupakan batas wilayah antara Kecamatan dan Kelurahan.

Lihat juga...