Sopir dan Ajudan Bupati Banyumas Positif Corona

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Sopir dan salah satu ajudan Bupati Banyumas dinyatakan positif Covid-19. Saat ini keduanya sudah menjalani isolasi di rumah sakit. Seluruh kontak dekat akan dilakukan tracing guna memutus penyebaran Covid-19.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, membenarkan kabar ajudan dan sopirnya yang positif Covid-19 tersebut. Usai mendapatkan kabar tersebut, Bupati mengatakan, ia langsung melakukan swab test dan hasilnya negatif.

“Yang bersangkutan sudah isolasi di rumah sakit dan saya beserta keluarga sudah swab test lagi, hasilnya alhamdulillah negatif,” jelasnya, Selasa (10/11/2020).

Ajudan dan sopir yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah yang bertugas pada hari Sabtu dan Minggu (7- 8 November). Sejak hari Senin kemarin, keduanya sudah tidak lagi bertugas dan langsung menjalani isolasi di rumah sakit.

“Supaya lebih maksimal penanganannya, keduanya langsung isolasi di rumah sakit, sambil menunggu hasil swab kedua. Kondisi keduanya sehat, karena sampai dengan Minggu kemarin masih bertugas,” kata Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, mengatakan, ajudan dan sopir bupati merupakan orang tanpa gejala (OTG), jadi kondisinya sehat-sehat saja. Bahkan sampai dengan hari Minggu (8/11/2020) kemarin masih bertugas.

Disinggung tentang kontak dekat yang berinteraksi dengan kedua orang tersebut, Sadiyanto mengatakan, pihaknya akan melakukan tracing. “Nanti kami tracing kontak erat lini satu ini,” ucapnya.

Salah satu jajaran yang sering melakukan kontak dengan ajudan dan sopir bupati adalah bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan. Dinkes akan melakukan tracing pada jajaran pegawai di kantor tersebut, termasuk jajaran kantor lainnya yang melakukan kontak dengan ajudan dan sopir bupati dalam beberapa hari terakhir.

Lebih lanjut Sadiyanto menjelaskan, saat ini transmisi penularan Covid-19 semakin sulit untuk dicegah dan dikenali gejala awalnya. Sehingga satu-satunya upaya pencegahan adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Jangan pernah lepas masker di manapun berada, terlebih jika di luar rumah dan bertemu orang,” pesannya.

Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas sampai dengan hari ini tercatat ada 918, sehingga ada penambahan kasus positif 45 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 141 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, 7 orang isolasi khusus dan 73 orang isolasi mandiri. Sedangkan untuk pasien positif yang sudah dinyatakan sembuh ada 677 orang dan yang meninggal dunia ada 27 orang.

Lihat juga...