Sosialisasi Pilkada 2020 Sigi Melibatkan Pengurus Rumah Ibadah

Ilustrasi - Pilkada Serentak 2020 – Foto Ant

SIGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), melibatkan pengurus rumah ibadah dan agamawan, untuk menyosialisasikan Pilkada 2020. Hal tersebut mulai dilakukan menjelang proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami melibatkan pihak pengurus masjid dan pengurus gereja, dalam hal menyampaikan kepada masyarakat atau umat beragama, tentang Pilkada 2020,” ucap Anggota Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sigi, Anhar Lasingki, Sabtu (7/11/2020).

Anggota Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Sigi, Anhar Lasingki – Foto Ant

Anhar mengatakan, KPU Sigi terjun langsung menyampaikan pengumuman kepada masyarakat mengenai penyelenggaraan Pilkada 2020. Kegiatannya dilakukan lewat rumah-rumah ibadah, yang ada di daerah tersebut.  Hal itu dilakukan dengan tujuan, masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih, berbondong-bondong menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang. “Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020,” tandasnya.

KPU Sigi, kata Anhar, sangat mengharapkan peran dari agamawan untuk membantu menyampaikan kepada umat beragama, tentang pelaksanaan pilkada. Serta pentingnya berpartisipasi menyalurkan hak pilih pada 9 Desember 2020.

Selain peran pengurus rumah ibadah dan agamawan, KPU Sigi juga melakukan sosialisasi kepada pemuda, yang tergabung dalam berbagai komunitas dan kelompok pencinta alam dan seni. Harapannya, bisa mendorong partisipasi generasi muda. “Kami juga menggandeng kelompok perempuan, organisasi perempuan seperti Wanita Islam Alkhairaat (WIA), dalam hal mendorong perempuan untuk berpartisipasi dalam pilkada,” tandasnya.

Pilkada Kabupaten 2020 Kabupaten Sigi diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut 1, Mohammad Irwan Lapatta-Samuel Y Pongi dan pasangan nomor urut 2 Husen Habibu-Paulina. (Ant)

Lihat juga...