Taman Diponegoro, Objek Wisata Baru di Banyumas Barat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANYUMAS – Kawasan Banyumas bagian barat dalam waktu dekat bakal diramaikan dengan objek wisata baru, sekaligus sentra perekonomian. Taman Diponegoro yang merupakan hasil kerja keras dari kegiatan Serbuan Teritorial Korem 071/Wijayakusuma akan menjadi pusat keramaian baru di Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajbarang, Kabupaten Banyumas.

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra mengatakan, kegiatan pembangunan kawasan Taman Diponegoro sudah dimulai sejak bulan September lalu dan sekarang sudah tahap finishing. Selain menyuguhkan taman dengan pemandangan alam yang bisa dinikmati dari ketinggian, lokasi tersebut juga dikemas sebagai rest area yang dilengkapi dengan berbagai kios-kios yang menjual produk lokal.

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra dijumpai di kantornya, Minggu (22/11/2020). Foto: Hermiana E. Effendi

“Ada lima tingkatan di lokasi tersebut, pertama lokasi parkir sekaligus rest area, kemudian pada tingkatan kedua ada kios-kios yang diperuntukkan bagi pelaku Usaka Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan taman serta fasilitas toilet umum, selanjutnya di atasnya dibangun musala yang juga dilengkapi dengan taman. Untuk tahap selanjutnya, dibangun rumah makan di ketinggian dan yang paling atas adalah lapangan,” terang Dandim, Minggu (22/11/2020).

Pembangunan tempat wisata sekaligus sentra ekonomi Taman Diponegoro ini dilakukan dengan memangkas bukit setinggi kurang lebih 20 meter. Sehingga lokasi taman berada pada ketinggian yang dipenuhi dengan pemandangan hijaunya bukit sekitarnya.

Sedangkan lapangan dibangun sesuai dengan permintaan pihak desa setempat, dipersiapkan untuk menampung berbagai event. Misalnya ada event trabas ataupun kegiatan lain di atas bukit.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya jajaran TNI untuk menghidupkan sentra ekonomi dan pariwisata di Banyumas bagian barat.

Bahkan Wabup yang juga seorang pengusaha ini mengatakan, dari hasil diskusi dengan salah satu pegiat wisata di Kabupaten Banyumas, ia mengusulkan agar kawasan wisata di Taman Diponegoro diberi tempat khusus untuk pembuatan kafe yang ikonik, misalnya pengunjung bisa makan di dalam tank TNI atau pesawat dan ikon lain yang identik dengan TNI. Hal tersebut diyakini akan meningkatkan kunjungan wisata.

“Taman Diponegoro ini akan menjadi ikon baru wilayah Banyumas Barat dan masyarakat Desa Darmakradenan diberi akses pertama serta utama untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi di rest area. Peluang ini harus ditangkap dengan baik oleh masyarakat supaya kesejahteraan mereka tumbuh bersama, seiring dengan perkembangan kawasan Taman Diponegoro tersebut,” ucapnya.

Selain sebagai tempat wisata baru, Taman Diponegoro juga sangat mendukung perkembangan wisata goa yang berada di dekatnya. Salah satunya adalah Goa Srewiti yang selama ini tingkat kunjungannya masih minim, karena akses jalan yang sempit serta minimnya lokasi parkir.

Lihat juga...