Tauge Goreng Khas Bogor Kudapan Gurih yang Legendaris

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR – Tauge goreng, memiliki ciri tersendiri di setiap daerah, seperti khas Betawi, Tangerang atau lainnya. Tapi tauge goreng khas Bogor lebih dikenal, jadi salah satu kuliner legendaris yang cukup mudah ditemui.

Bogor terkenal akan kekayaan kulinernya. Tauge goreng merupakan salah satu dari aneka kuliner khas yang sajiannya sudah diseduh, kemudian disiram kuah berbumbu oncom dan tauco, menjadikan rasanya gurih.

Kudapan tauge goreng tentu cocok di nikmati setiap saat, pagi siang atau malam. Karena biasanya diisi lontong atau kentang menyesuaikan selera. Saat berada di Bogor tak heran kuliner ini kerap jadi buruan di tempat asalnya.

“Ditempat lain tauge goreng khas Bogor banyak seperti di Bekasi, bisa ditemukan di berbagai lokasi tepi jalan. Tapi, tentunya lebih enak saat di Bogor, sesuai dengan cuaca,” papar Mbak Lia, warga Bekasi penyuka tauge goreng khas Bogor kepada Cendana News, Minggu (28/11/2020).

Dia mengaku sudah memiliki tempat sendiri untuk menikmati kuliner legendaris tersebut baik di Kota Bekasi ataupun di Kota Bogornya langsung. Seperti di Bekasi dia merekomendasikan tauge goreng di sekitar lapangan mini Bekasi Timur.

Menurutnya, semuanya hampir sama rasanya. Tapi, suasana saja berbeda. Saat berada di Bogor tentunya cuaca berbeda lebih adem, saat menikmati tauge goreng pas hangat gurihnya lebih terasa.

“Tauge goreng di Bogor rasa lebih pas saja. Karena tempat asalnya, seperti taugenya lebih besar dan segar saja. Mungkin mereka sudah memiliki tempat khusus belanja bahan bakunya,” papar Lia.

Sementara penjual tauge goreng khas Bogor, Kang Asep, mengaku usahanya melanjutkan usaha keluarga. Resep tauge goreng sudah turun temurun, hanya yang membedakan mungkin pada cara pengolahan racikan bumbu siramnya saja.

“Tauge goreng di Bogor ini cukup banyak hampir setiap sudut ada. Tentunya, ada yang melekat sama pelanggan untuk rasa. Seperti di pusat kuliner ini, banyak tauge goreng tinggal pilih saja,” ucap Asep di pusat kuliner Roti Unyil, Baranangsiang, Bogor Timur.

Adapun bahan baku tauge goreng, meliputi tauge besar, oncom, tahu puith goreng, mie kuning, cabai, bawang putih, merah, kemiri, tauco, gula secukupnya, minyak untuk menumis.

Herna Diana penyuka tauge goreng lainnya, mengaku bahwa rasa tauge goreng khas Bogor lebih ke gurih. Dia membandingkan hampir sama dengan keredok.

“Rasanya mirip keredok gitu, tapi bedanya lebih gurih mungkin karena ada banyak oncom dan tahu putih goreng,” ujarnya.

Lihat juga...