Telur Asin Bebek Pelengkap Sajian Kuliner nan Lezat

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Telur menjadi salah satu bahan makanan kaya protein yang digemari masyarakat. Varian pengolahan telur menjadi telur asin kerap dibuat dari telur bebek. Nasmiati, warga Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas, Lampung Selatan menyebut, telur asin bebek dibuat secara tradisional memakai garam dan abu sekam.

Pembuatan telur asin bebek sebutnya dilakukan setelah hasil produksi ternak bebek miliknya. Bebek petelur dengan jumlah 300 ekor mampu menghasilkan 200 butir telur per hari. Telur yang telah disortir akan dibuat menjadi telur asin dengan proses perebusan. Selanjutnya telur akan direndam dengan abu sekam yang telah diberi garam agar proses pengasinan berjalan sempurna.

Secara bertahap Nasmiati membuat telur asin 100 butir sekali proses produksi. Pembuatan telur asin selama dua pekan memakai abu sekam yang diberi garam sekaligus menjadi cara mengawetkan telur bebek. Adonan abu sekam yang diberi garam akan membuat telur bebek asin secara merata. Pemesan dominan warung makan penyedia soto, rawon dan restoran.

“Telur asin bebek yang telah jadi akan disajikan untuk lauk makan atau cukup dikonsumsi langsung sebagai camilan karena rasanya yang gurih, pelanggan sejumlah warung menjadikan telur asin sebagai pelengkap hidangan kuliner soto ayam,rawon,” terang Nasmiati saat ditemui Cendana News, Sabtu (28/11/2020).

Nasmiati, warga Desa Bandanhurip, Kecamatan Palas, Lampung Selatan membuat telur bebek menjadi telur asin, Sabtu (28/11/2020). -Foto Henk Widi

Nasmiati bilang warga di Desa Bandan Hurip, Kecamatan Sragi rata rata membuat telur asin bebek. Pada masa pandemi Covid-19 dan areal persawahan usai panen bebek menghasilkan telur cukup banyak. Selain dijual dalam kondisi matang dalam bentuk telur asin, telur bebek dijual mentah dengan harga Rp1.500 perbutir. Sementara dalam kondisi telur asin dijual seharga Rp3.000 per butir.

Sejumlah pelanggan telur asin bebek rata rata memesan sebanyak 50 butir untuk kebutuhan dua pekan. Menjamurnya usaha kuliner di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sekaligus jadi bahan oleh oleh. Dalam sebulan ia menyebut bisa menjual 400 butir telur asin yang dipesan oleh penjual oleh oleh dan kuliner. Kegemaran masyarakat mengonsumsi telur asin ikut mendukung produksinya lancar.

“Permintaan telur asin meningkat saat liburan panjang karena banyak warga yang akan membawa oleh oleh telur asin bebek,” cetusnya.

Suyatinah, warga Desa Pasuruan,Kecamatan Penengahan menyebut memakai telur asin bebek untuk varian kuliner. Selain bisa dikonsumsi langsung telur asin bebek bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan bothok. Bothok telur asin bebek dicampur dengan ikan teri, parutan  kelapa, cabai rawit dan tahu. Diolah dengan telur asin bothok lebih memiliki cita rasa gurih.

Telur asin bebek bahan bothok sebutnya memiliki kandungan protein tinggi. Ia kerap memesan telur asin bebek dari Nasmiati untuk lauk, dimakan langsung atau dijadikan campuran pembuatan bothok. Varian kuliner dari telur asin sebutnya bisa dibuat menjadi sayur lodeh untuk menambah selera makan. Menyimpan telur asin bebek sebutnya juga untuk menambah selera makan bagi anak anak.

“Rasanya yang gurih membuat anak anak suka makan telur asin disantap dengan nasi hangat,” cetusnya.

Yohana, penyuka telur asin bebek di Kelurahan Sukadanaham, Tanjungkarang, Bandar Lampung mengaku kerap membeli telur asin bebek untuk camilan. Telur asin bebek kerap disantap sebagai camilan atau sebagai teman makan nasi.

Meski memiliki rasa gurih ia mengonsumsi telur asin satu butir per hari. Kandungan protein yang tinggi membuatnya memilih telur asin bebek sebagai varian menu baginya. Telur bebek juga kerap dipakai olehnya untuk campuran sayuran lodeh kesukaannya.

Lihat juga...