Terminal Eksekutif Bakauheni Anjungan Agung Dilengkapi Fasilitas Rekreatif

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Terminal eksekutif Bakauheni Anjungan Agung, kembali ramai dikunjungi masyarakat umum selama masa new normal. Selain fungsi utama sebagai tempat pelayanan pengguna jasa yang akan menyeberang dari Sumatra ke Jawa, fasilitas rekreatif disiapkan.

Darmansyah, building manager terminal eksekutif Anjungan Agung menyebut fasilitas rekreasi itu telah dibuka. Berkonsep seperti mall dan tempat hiburan bagi masyarakat, Darmansyah menyebut view yang disajikan 360 derajat. Pada sisi Timur, Selatan, pengunjung bisa menikmati pemandangan Selat Sunda dengan kapal kapal ferry melintas. Pada sisi Barat dan Utara, pemandangan Menara Siger dan Jalan Tol Trans Sumatra menjadi sajian utama.

Gedung dengan tiga lantai tersebut, diakui Darmansyah fungsi pokok sebagai loket pembelian tiket kapal eksekutif. Ruang tunggu menghadap ke Selat Sunda berada satu lantai dengan tenant kuliner dan wahana rekreatif anak. Dihubungkan dengan lift dan eskalator, pengunjung bisa menikmati suasana pelabuhan modern.

Darmansyah (kiri), Building Manager Terminal Eksekutif Bakauheni Anjungan Agung, saat ditemui, Minggu (8/11/2020). -Foto: Henk Widi

“Terminal eksekutif menjadi destinasi rekreasi alternatif bagi warga di sekitar pelabuhan, bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk menikmati suasana matahari terbit kala pagi hari, dan matahari terbenam kala senja hari, gerai oleh-oleh hingga tempat nongkrong juga telah disediakan,” terang Darmansyah, saat ditemui Cendana News, Minggu (8/11/2020).

Fasilitas pelabuhan terintegrasi tersebut, bilang Darmansyah bisa menjadi tempat rekreatif dan edukatif. Pada sisi timur disediakan sejumlah photobooth yang menggambarkan arsitektur terminal eksekutif.

Bangunan berbentuk unik yang didesain dan diberi nama rumah adat Lampung, Anjungan Agung sekaligus display objek wisata di Lampung. Sebab, pada layar televisi khusus disediakan tayangan berbagai destinasi wisata.

Bagi pengunjung yang hanya ingin menikmati rekreasi bersama keluarga, terutama anak-anak, Happy Kiddy menjadi pilihan. Salah satu wahan terluas untuk bermain dan rekreasi itu berada tepat di gerai kopi dan makanan. Orang tua yang mengajak anak-anak bisa menunggu selesai bermain dan menikmati kopi. Fasilitas wifi gratis dan berbayar juga disediakan untuk penghobi game online.

“Konsep terminal eksekutif memang untuk masyarakat umum, bukan hanya calon penumpang kapal, tapi selama pandemi Covid-19 wajib menerapkan protokol kesehatan,” bebernya.

Iik Farianti, staf di wahana rekreasi anak-anak Happy Kiddy, menyebut akhir pekan jumlah kunjungan meningkat. Promo untuk bermain sebesar 70 persen bagi member aktif Happy Kiddy. Promo diberikan untuk memberikan kesempatan bagi orang tua mengajak bermain lebih lama. Sebab, dengan member cukup membayar Rp40.000 bisa bermain sepuasnya.

“Wahana rekreasi yang ada berupa minatur pasar, miniatur fasilitas transportasi,flying fox dan permainan menyenangkan lainnya bagi anak,” bebernya.

Wahana permainan tersebut menjadi fasilitas rekreatif yang paling sering dikunjungi. Pada hari biasa, selama Covid-19 jumlah pengunjung bisa mencapai puluhan. Saat akhir pekan, jumlah mencapai ratusan dihitung sejak pagi hingga malam. Sistem pembatasan kapasitas dilakukan sekaligus penerapan disiplin protokol kesehatan.

Dwi, salah satu ibu rumah tangga, menyebut fasilitas rekreatif di terminal eksekutif sangat memadai. Membawa dua anaknya, ia bisa memberikan keceriaan dengan jenis permainan edukatif. Adanya instruktur dan pemandu, membuat sang anak bisa mencoba berbagai jenis permainan. Selain itu, ia bisa memperkenalkan berbagai nama kapal ferry yang ada di pelabuhan Bakauheni.

Lihat juga...