Tiga Wilayah di Sulsel Dapat Sinyal Membuka Aktivitas Sekolah

Ilustrasi. Pembelajaran tatap muka di Solo – Foto Ant

MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah, memberikan sinyal kepada tiga kabupaten yang sudah nol kasus COVID-19, untuk mempersiapkan membuka sekolah dengan menggelar pembelajaran tatap muka.

“Ketiga daerah itu adalah Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara sudah bisa buka sekolah secara tatap muka, karena sudah masuk dalam zona hijau dan nol kasus,” kata Nurdin di Makassar, Kamis (12/11/2020).

Bagi daerah yang sekolahnya ingin mengajukan izin membuka aktivitas, hendaknya memenuhi beberapa syarat, sesuai dengan protokol kesehatan. Seperti keberadaan tempat mencuci tangan, aturan wajib memakai masker. “Untuk di sekolah harus diatur jarak mungkin kapasitas 50 persen dulu. Kan bisa diatur seperti itu. Pelaksanaan pendidikan tatap muka di sekolah itu tergantung masing-masing wilayah, kesiapan sekolah, dan persetujuan orang tua siswa,” paparnya.

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah – Foto Ant

Sekolah bisa mengusulkan pembukaan aktivitas ke Dinas Pendidikan. Selanjutnya dinas pendidikan dan kesehatan, turun memantau untuk memastikan pelaksanaan protokol COVID-19.

Sementara itu, di Kota Makassar hingga saat ini baru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Kehutanan Makassar, yang diberi izin untuk menggelar sekolah secara tatap muka. “Baru SMK kehutanan yang bermohon dan memenuhi syarat pembukaan sekolah tata muka dan ini sudah berjalan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof Muhammad Jufri.

Menurutnya, pihaknya masih menunggu sekolah lain yang sudah siap membuka sekolah tatap muka, tetapi dengan catatan mengindahkan protokol kesehatan. (Ant)

Lihat juga...