Tim Gabungan Kembali Bersihkan Sampah di Kali Jambe Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Tim gabungan kembali melakukan pembersihan sampah yang menyumbat aliran Kali Jambe Desa Mangunjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (14/11). Puluhan ton sampah didominasi batang kayu dan sampah rumah tangga.

Diketahui dalam sebulan ini sudah dua kali menyumbat aliran di bawah jembatan graha prima desa Mangunjaya Tambun Selatan. Bahkan, kali ini ada dua titik tumpukan sampah, selain di Mangun Jaya juga terjadi di Jatimulya dialiran sungai yang sama.

Hari ini, gabungan pembersihan Kali Jambe di Mangun Jaya dan Jatimulya, dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Bekasi, yang hadir sebentar memimpin apel pembersihan untuk kemudian pergi.

“Ada dua titik tumpukan sampah di Kali Jambe. Kami membersihkan di wilayah Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan,” ungkap Subandi, UPTD LH Tambun kepada Cendana News, Sabtu (14/11/2020).

Encep Hendra Gunawan,  Kades Mangunjaya, mengakui pengakuan tumpukan sampah selama sebulan sudah dua kali terjadi menyumbat jembatan Graha Prima, Sabtu (14/11/2020). –Foto: M Amin

Dikatakan, puluhan ton sampah yang didominasi sampah kayu dan rumah tangga tersebut sudah terangkut. Sudah hampir 60 truk sampah terangkut untuk dibawa ke TPA Burangkeng.

Sementara Pj Kepala Desa Mangunjaya, Encep Hendra Gunawan, dikonfirmasi terpisah membenarkan selama sebulan sudah dua kali jembatan desa Mangunjaya tersebut tersumbat akibat tumpukan sampah.

“Hari ini semua turun, TNI, Polri, masyarakat dan LH bergotong royong membersihkan tumpukan sampah yang menutup jembatan Graha Prima,”ujar Hendra, mengaku sampah akibat minimnya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Diakuinya, bahwa sampah tersebut terjadi setelah hujan deras yang terjadi dalam kurun beberapa waktu terakhir, hingga sampah menyumbat aliran air. Dia mengaku, berbagai cara sudah dilakukan untuk membangun kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Ini bukan sampah dari warga di Desa Mangunjaya, tapi tumpukan sampah itu dibawa air dari hulu saat debit Kali Jambe meningkat karena hujan. Di desa kami, sudah memiliki tempat pembuangan sampah sendiri,” tukasnya.

Pantauan di lokasi, tumpukan sampah yang didominasi batang kayu dan sampah rumah tangga dari dua tempat sebanyak puluhan ton sudah terangkat. Pembersihan akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

Lihat juga...