Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada, KPU Medan Gandeng Sejumlah Komunitas

MEDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan melibatkan sejumlah komunitas maupun lembaga untuk turut menyosialisasikan pilkada dengan harapan dapat meningkatkan jumlah partisipasi pemilih.

Komisioner KPU Medan, Rinaldi Khair di Medan, Kamis, mengatakan pihaknya terus secara intensif melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Agar lebih maksimal lagi, pihaknya juga menggandeng sejumlah lembaga seperti lembaga swadaya masyarakat, kampus-kampus serta berbagai komunitas untuk turut menyosialisasikan pilkada.

“Sampai sekarang setidaknya lebih dari 50 lembaga yang kita gandeng. Masing-masing setiap hari terus berjalan melakukan sosialisasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Juga ada Relawan Demokrasi yang juga secara intensif melakukan sosialisasi,” katanya.

Selain melibatkan berbagai lembaga dan komunitas, pihaknya menggelar debat publik sebanyak tiga kali dengan harapan masyarakat lebih familier dengan calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Melalui debat publik tersebut, calon akan menyampaikan visi dan misinya, sehingga masyarakat dapat menilai program yang lebih dibutuhkan bagi kemajuan daerah maupun kemakmuran masyarakat.

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, masing-masing calon juga diharapkan lebih intensif terjun ke masyarakat, selain untuk menyampaikan visi dan misi, juga untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Yang paling utama menurut kami adalah faktor dari pasangan calon itu sendiri untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya. (Ant)

Lihat juga...