TPS Liar di Kebantenan-Bekasi Segera Ditutup Permanen

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Tempat pembuangan sampah (TPS) liar di perlintasan menuju Kampung Kebantenan, Jatiasih, berbatasan dengan kelurahan Jatimekar, Kota Bekasi, Jawa Barat, akhirnya diangkat. Pembersihan dilakukan secara bertahap oleh Kelurahan Jatiasih, Kamis (19/11/2020).

Pengangkutan sampah di TPS liar tersebut setelah melalui rapat koordinasi dengan berbagai pihak, meliputi UPTD LH, Kecamatan Jatiasih, Satpol, serta pemilik lingkungan seperti RT/RW lokasi tempat sampah.

“Pada hari ini sudah mengundang berbagai pihak, LH , Ketua RW/RT Satpol PP, dari petugas pemungut sampah juga hadir, untuk melakukan musyawarah. Alhamdulillah, ada kesepakatan,” jelas Sekum, Lurah Jatiasih, Kamis (19/11/2020).

Sekum Lurah Jatiasih, Kamis (19/11/2020). –Foto: M Amin

Ia menegaskan, bahwa penanggulangan sampah adalah tanggungjawab bersama. Sehingga mulai hari ini, sampah secara bertahap mulai dilakukan sampai selesai. Hal itu mengingat keterbatasan armada, sedangkan tumpukan sampah liar di lokasi tersebut cukup banyak.

Hal lain, imbuhnya, saat ini juga telah dicetak spanduk imbauan larangan buang sampah di lokasi lintasan batas kelurahan tersebut. Kemudian akan dilakukan acara puncak, kemungkinan Sabtu, akan dilakukan penutupan secara permanen.

“Koordinasi dengan melibatkan berbagai pihak menghasilkan beberapa kesepakatan. Intinya menjaga lingkungan, dan akan melakukan penutupan secara permanen. Terakhir, ada soal teknis sampah dari rumah warga langsung ke dinas LH, masalah teknis dibicarakan antara LH dan lingkungan,” tandasnya.

Dia menyarankan, ke depan bekas tempat sampah tersebut akan diratakan kemudian ditutup secara permanen. Intinya, agar tidak ada sampah lagi dengan dibuatkan pos atau lainnya.

“Semua kesepakatan sudah dilakukan secara tertulis. Sabtu lusa adalah acara puncak dengan mengundang semua pihak, termasuk pengurus lingkungan di RT/RW Jatimekar yang bersebelahan langsung,” ujarnya.

Terpisah, Ketua RT03/08, Bang Beceng, mengakui sudah diundang rapat pihak kelurahan bersama pengurus RW. Terkait persoalan sampah liar di jalur lintasan sudah ada kesepakatan untuk dibersihkan bersama.

“Rapat dengan pihak kelurahan, kecamatan, LH, sudah dilaksanakan. Sudah ada kesepakatan agar lokasi tersebut dibersihkan. Termasuk meratakan sisa gundukan tanah agar tidak mengundang orang membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Lihat juga...