Tundukkan Sparta 4-1, Heerenveen Tempel Ajax dan Vitesse di Papan Atas

JAKARTA — Heerenveen menempel ketat Ajax dan Vitesse di papan atas seusai menang 4-1 dari tuan rumah Sparta Rotterdam yang berlangsung di Stadion Sparta, Rotterdam, Minggu (1/11/2020).

Heerenveen kini berada di posisi tiga dengan raihan 16 poin dan hanya terpaut dua angka dari Ajax dan Vitessse yang masing-masing menempati posisi pertama dan kedua.

Sementara bagi Sparta, hasil ini membuat mereka semakin terpuruk di tepi dasar klasemen karena hanya baru mengumpulkan tiga poin tanpa sekalipun meriah kemenangan, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Heerenveen telah unggul 1-0 sejak menit ketujuh berkat aksi Benjamin Nygren. Ia yang menerima bola muntah hasil kemelut di depan muka gawang, melepaskan sepakan mendatar yang sulit diantisipasi kiper tuan rumah.

Meski Sparta kerap melakukan serangan bergelombang, tetapi rapatnya barisan lini belakang Heerenveen membuat bola kerap kali diblok ketika memasuki kotak penalti.

Sebaliknya Heerenveen mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-25. Bermula dari situasi sepak pojok, Paul van Hecke mampu memenangi duel udara.

Jelang babak pertama berakhir, Henk Veerman memperlebar jarak keunggulan Heeenveen atas tuan rumah. Bermula dari blunder kiper saat akan memberikan umpan dekat, bola terlalu lemah dan mampu diintersep pemain Heerenveen. Henk Veerman yang mendapat umpan matang mengakhirinya lewat sontekan.

Henk Veerman kembali mengubah papan skor menjadi 4-0 pada menit ke-57. Ia yang lolos dari jebakan offside menggiring bola dari sepertiga lapangan lalu mengakhirinya dengan sepakan mendatar.

Satu-satunya gol hiburan Sparta Rotterdam terjadi saat memasuki menit pertandingan dan itu pun melalui titik putih. Lennant Thy yang menjadi eksekutor sukses mengelabui kiper Erwin Mulder, tapi tetap tidak bisa mengelak dari kekalahan.

Susunan pemain:

Sparta Rotterdam (5-3-2): Maduka Okoye; Bart Vriends, Mica Pinto (Wouter Burger), Michael Heylen, Dirk Abels, Tom Beugelsdijk (Deroy Duarte); Abdoulrahme Harroui (Aaron Meijers), Deroy Duarte, Sven Mijnans; Lennant Thy, Danzell Gravenberch (Emmanuel Emegha).
Pelatih: Henk Fraser

Heerenveen (4-3-3): Erwin Mulder; Lucas Woudenberg, Jan van Hecke, Pawel Bochniewicz, Sherel Floranus; Joey Veerman (Rami Hajal), Oliver Meier (Sieben Dewaele), Rodney Kongolo; Mitchell van Bergen, Henk Veerman (Rein Smit), Benjamin Nygren (Ibrahim Dresevic).
Pelatih: Johnny Jansen [Ant]

Lihat juga...