Usaha Penjualan Tiket ‘Online’ Ciptakan Peluang Kerja Baru

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Sulitnya mencari pekerjaan selama masa pandemi Covid-19 menciptakan peluang usaha baru bagi sebagian masyarakat.

Sarman, salah satu mantan pekerja di salah satu perusahaan pelayaran rute Bakauheni-Merak menyebut, terimbas Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) peluang menciptakan lapangan usaha dilakukan olehnya dari uang pesangon untuk modal.

Sarman, salah satu mantan pekerja pelabuhan memilih membuka usaha berjualan tiket online di Jalinsum KM 3 Bakauheni, Lampung Selatan, Selasa (24/11/2020) – Foto: Henk Widi

Membuka usaha jasa penjualan tiket online kapal laut jadi salah satu pilihan baginya. Usaha tersebut menurutnya bermodalkan komputer terkoneksi dengan internet, lokasi strategis di tepi Jalan Lintas Sumatera, saldo uang elektronik, banner dan perlengkapan lain. Bermodalkan sekitar Rp10 juta ia menyebut, sudah bisa menjalankan usaha tersebut.

Jasa penjualan tiket online sebut Sarman, jadi salah satu kebutuhan pokok pengguna jasa penyeberangan kapal laut. Memiliki koneksi dengan pemilik usaha eksepedisi angkutan barang, travel dan bus ia mendapat pelanggan tetap.

Sebagian konsumen merupakan penumpang kapal memakai mobil dan motor. Kewajiban membeli tiket satu jam sebelum keberangkatan membuat usaha miliknya dibutuhkan warga yang akan naik kapal.

“Migrasi penggunaan tiket yang dibeli secara tunai ke penggunaan tiket elektronik memberi keuntungan bagi pelaku usaha kecil seperti saya. Sehari transaksi bisa mencapai ratusan kali, terutama saat hari libur dengan omzet mencapai jutaan rupiah,” terang Sarman, saat ditemui di Jalinsum KM 3 Bakauheni, Selasa (24/11/2020).

Korban PHK itu menyebut, membuka usaha penjualan tiket online lebih fleksibel. Sebab jasa penjualan tiket bisa dioperasikan selama 24 jam untuk melayani masyarakat yang akan menyeberang memakai kapal.

Lima bulan beroperasi ia bahkan telah bisa menambah fasilitas satu unit komputer sebagai pendukung usaha. Satu karyawan bahkan telah direkrut untuk membantu transaksi.

Merambah ke usaha lainnya ia bahkan menjadikan lokasi tempat menjual tiket sebagai rest area. Lahan yang luas untuk parkir kendaraan sekaligus menjadi tempat baginya membuka usaha tambahan berupa penjualan pulsa dan kopi. Peluang usaha menghasilkan uang meski dengan keuntungan kecil jadi cara baginya mendapat penghasilan.

“Saat masa pandemi ini harus kreatif menciptakan peluang usaha sehingga tetap bisa bertahan,” paparnya.

Muhamad Idris, Komisaris PT Hanmar Multi Talenta, salah satu pelaku usaha penjualan tiket online di KM 2 Bakauheni menyebut telah merekrut puluhan karyawan.

Muhamad Idris, Komisaris PT Hanmar Multi Talenta penyedia kartu elektronik perdana sekaligus isi ulang untuk pembayaran tiket kapal di Pelabuhan Bakauheni dan jalan tol Sumatera, saat ditemui di Bakauheni, Selasa (24/11/2020) – Foto: Henk Widi

Usaha yang ditekuninya semula hanya beroperasi di dalam pelabuhan namun kini ada di sejumlah titik. Titik lokasi penjualan tiket berada di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), pintu masuk pelabuhan Bakauheni, Jalinsum.

Usaha penjualan tiket online sebutnya menggunakan aplikasi Ferizy membantu calon penumpang. Meski tidak memiliki aplikasi, calon penumpang pun masih tetap bisa membeli tiket.

Sebagian membeli tiket satu jam sebelum keberangkatan sehingga bisa mengatur waktu untuk tiba di pelabuhan Bakauheni. Jasa penjualan tiket per transaksi mencapai Rp1.500 hingga Rp3.000.

“Meski jasa transaksi kecil namun saat liburan panjang dalam sehari transaksi satu konter penjualan bisa mencapai ratusan kali,” cetusnya.

Membuka usaha penjualan tiket online lanjut Muhamad Idris, membantu sejumlah pemuda yang tidak memiliki pekerjaan. Sejumlah pemuda yang direkrut bahkan sebagian mulai membuka usaha sejenis dengan modal terbatas. Terciptanya peluang usaha tersebut mengikuti kemajuan zaman dengan pemakaian aplikasi untuk pembelian tiket.

Yus Sondakh, Sekretaris Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) menyebut terbantu sistem pembelian tiket online. Pengusaha kapal sebutnya akan mendapatkan struk pembelian tiket sesuai golongan kendaraan dan penumpang. Cara tersebut lebih efisien dibanding memakai pembelian secara tunai.

Pelayanan bagi pengguna jasa juga lebih cepat karena tiket dibeli minimal satu jam sebelum keberangkatan. Masa resesi berimbas sejumlah karyawan terkena PHK sekaligus memberi kesempatan usaha menjual tiket.

Koneksi dengan pengusaha kapal yang dilakukan oleh pemilik usaha penjualan tiket sekaligus memudahkan kapal yang akan dipilih. Keuntungan akan diperoleh pengusaha kapal mendapat muatan yang diarahkan penjual tiket online.

Lihat juga...