Usaha Sepi, Sri Bersyukur Terima Santunan dari Koperasi Tamanmartani

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah janda di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, mengaku, berterima kasih sekaligus bersyukur telah mendapat bantuan berupa uang santunan dari Koperasi Tamanmartani Sejahtera bekerjasama dengan Yayasan Peduli Muslim.

Bantuan tersebut dinilai akan sangat membantu dalam meringankan beban mereka untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Terlebih selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pendapatan mereka menurun drastis akibat usaha yang mereka jalankan tak bisa berjalan seperti biasanya.

Seperti dirasakan salah seorang janda dua anak, Sri Astuti (42) warga Dusun Keniten, Tamanmartani. Membuka usaha warung makan serta jasa laundry kecil-kecilan, Sri mengaku mengalami penurunan omzet signifikan selama beberapa bulan terakhir akibat pandemi. Padahal ia harus membiayai kedua anaknya yang masih berusia 9 dan 16 tahun seorang diri.

Salah seorang penerima bantuan, Sri Astuti (42), janda dua anak asal Dusun Keniten, Tamanmartani, saat dijumpai Cendana News, Rabu (25/11/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Semenjak adanya Corona ini ya sepi. Penghasilan nggak sampai Rp 100 ribu per hari. Padahal anak saya masih sekolah semua. Yang besar SMA dan yang kecil kelas 3 SD. Karena itu saya sangat berterima kasih mendapatkan bantuan uang santunan ini. Bisa untuk membantu biaya sekolah anak-anak saya,” katanya, Rabu (25/11/2020).

Hal senada juga diungkapkan penerima bantuan lainnya, Nuraini (35). Janda 2 anak  asal Dusun Randu Gunting, Tamanmartani ini, sehari-hari bekerja sebagai penjual makanan katering berupa ayam goreng. Ia baru mendapatkan pemasukan saat ada pesanan datang.

Salah seorang penerima bantuan Nuraini (35) saat dijumpai Cendana News, Rabu (25/11/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Sayangnya, selama masa pandemi Covid-19 ini, berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang dibatasi. Hal itu berdampak pada usaha katering ayam goreng miliknya yang juga ikut menjadi sepi. Padahal ia masih harus mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya, seorang diri.

“Sebelumnya saya kerja di pabrik. Tapi sejak 4 tahun terakhir ini, saya memulai usaha katering ayam goreng sendiri di rumah. Selama pandemi ya sepi. Jumlah pesanan berkurang drastis. Karena itu bantuan ini akan sangat bermanfaat sekali. Ya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terima kasih koperasi,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Koperasi Tamanmartani Sejahtera merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, yang bekerjasama dengan Yayasan Peduli Muslim, memberikan bantuan berupa uang santunan pada janda.

Uang santunan senilai Rp 200 ribu diberikan kepada sebanyak 14 janda kurang mampu di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani.

Penyaluran bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pihak koperasi dengan pihak lain dalam upaya membantu perekonomian warga.

Para janda dipilih sebagai penerima bantuan, karena dinilai rawan mengalami kesulitan ekonomi, setelah ditinggal sang suami sebagai sumber utama penopang penghasilan keluarga.

Lihat juga...