Warga Nias Barat Berharap Jembatan Sungai Oyo Segera Diperbaiki

Jembatan Sungai Oyo yang menghubungkan ruas jalan Provinsi dari Kota Gunungsitoli menuju Nias Barat, Sabtu (14/11/2020) – Foto Ant

NIAS – Warga Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut) berharap, pemerintah segera memperbaiki jembatan Sungai Oyo, yang menghubungkan ruas jalan Provinsi dari Kota Gunungsitoli menuju Nias Barat.

“Jembatan Sungai Oyo yang berada di Desa Tuwuna, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat. Panjangnya 100 meter, sudah mulai rusak, dan dapat membahayakan kendaraan yang lewat,” kata Bota, salah seorang pemilik kendaraan, yang melewati jembatan tersebut, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya, kerusakan telah terjadi pada papan jembatan, sejak beberapa bulan lalu. Papan jembatan banyak yang sudah rusak karena lapuk. Hal itu membuat pengguna kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati, ketika melewatinya. “Tiang pier bagian tengah jembatan, bahkan terlihat sudah amblas di bagian sebelah kiri, akibat pondasinya tergerus saat terjadi banjir,” tambah Bota, didampingi sejumlah rekan warga setempat.

Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, yang dihubungi terpisah membenarkan, Jembatan Sungai Oyo sudah lama mengalami kerusakan. Sehingga masyarakat harus ekstra hati-hati ketika melintas di jembatan tersebut. “Belum lama ini kami menyurati Gubernur Sumatera Utara serta Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, untuk memberi perhatian dalam perbaikan dan pembangunan jembatan yang lebih permanen di Sungai Oyo Desa Tuwuna,” katanya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, melalui Kepala UPT Jalan Dan Jembatan Gunungsitoli, Ekuator Daeli, ST mengatakan, untuk saat ini mereka belum bisa melakukan perbaikan secara menyeluruh. Atau melakukan penggantian papan lantai jembatan karena keterbatasan anggaran.

Untuk penanganan sementara akan dilakukan perbaikan dengan mengganti beberapa papan jembatan yang sudah patah karena lapuk, sehingga dapat dilintasi kendaraan. “Kita telah melakukan survei dan perencanaan pembangunan jembatan Sungai Oyo secara permanen, dan kini sedang diproses, kita berharap anggarannya dapat disetujui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...