Wedang Tahu, Perpaduan Lembut Kembang Tahu dan Hangatnya Air Jahe

Editor: Mahadeva

SEMARANG – Musim hujan, dengan suhu udara yang dingin, paling enak dilewati dengan mengkonsumsi makanan atau minuman hangat. Salah satu yang biasa menjadi pilihan warga Semarang, Jawa Tengah adalah kuliner wedang tahu.

Perpaduan rasa manis dan pedas air jahe, dengan kembang tahu, membuat wedang tahu, cocok dinikmati untuk mengusir rasa dingin. Minuman ini juga pas dikonsumsi setelah berolahraga, untuk memulihkan stamina atau tenaga yang terkuras.

“Wedang tahu cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan jahe, bisa mengembalikan stamina. Sementara kembang tahu lembut, bisa menjadi pengisi perut. Makanan ringan, agar perut tidak terlalu penuh setelah olahraga,” papar Hendro, seorang pedagang kuliner minuman kembang tahu, yang berjualan di depan Stadion Tri Lomba Juang (TLJ) Semarang, Sabtu (28/11/2020).

Perpaduan manis pedas air jahe, dengan lembut kembang tahu, menjadi ciri khas wedang tahu yang disajukan Hendro di depan Stadion Tri Lomba Juang Semarang – Foto Arixc Ardana

Kembang tahu, memiliki rasa mirip susu kedelai tapi berbentu padat. Sangat nikmat ketika disantap berpadu dengan rasa manis dan pedas jahe. Untuk membuat kembang tahu, Hendro menyebut caranya relatif mudah. Kedelai yang sudah dihaluskan, dicampur air dan direbus hingga mendidih, sehingga menjadi susu kedelai. “Setelah proses tersebut, kemudian dilakukan pembuatan lapisan tipis, dari permukaan susu kedelai yang dipanaskan,” tambahnya.

Kembang tahu tersebut merupakan lembaran tipis protein kedelai. “Jika ada yang beli, tinggal diambil tipis-tipis, taruh dalam mangkok dan disiram air jahe hangat,” lanjutnya.

Untuk semangkok wedang tahu, dihargai Rp 8 ribu. Harga yang murah dan kaya manfaat, membuat penikmat kuliner tersebut cukup banyak. “Namun untuk jualan di depan Stadion TLJ ini hanya hari Jumat sampai Minggu, saat banyak warga yang berolahraga. Selebihnya, saya jualan berkeliling,” terangnya.

Salah seorang pembeli, Kurniawan menyebut, memilih wedang tahu untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga. “Habis olahraga, pasti stamina terkuras. Salah satu cara mengembalikannya dengan makan, namun untuk makan makanan berat seperti nasi, perutnya begah atau belum kuat. Salah satu solusinya dengan makan wedang tahu,” terangnya.

Tekstur kembang tahu yang lembut, disebutnya memudahkannya untuk dicerna. “Tinggal ditelan saja, karena teksturnya lembut. Cocok juga buat yang punya masalah pencernaan juga,” tambahnya.

Disatu sisi, wedang tahu ini juga hampir sama dengan wedang ronde, khususnya pada kuahnya yang memiliki rasa manis dan aroma jahe yang khas. Yang membedakan hanya isi dari minuman saat dijasikan. Apabila wedang ronde isinya bermacam-macam, maka di wedang tahu hanya berisi kembang tahu. Namun mengenai rasa, keduanya patut dicoba, dan sudah pasti tidak kalah nikmatnya.

Lihat juga...