80 Tenaga Kesehatan di Sikka Dinyatakan Negatif Covid-19

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Sebanyak 80 orang tenaga kesehatan (nakes) dari RS St. Gabriel Kewapante dan RS TC Hillers  Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang pernah menangani pasien positif Covid-19 berinisial SH (63) yang telah meninggal dunia, dinyatakan negatif.

Hasil swab yang dikirim ke laboratorium biologi dan molekular RSUD Prof. W. Z. Johannes Kupang, menyebutkan, dua kali pengiriman sampel dari Kabupaten Sikka dinyatakan 11 orang positif Covid-19.

“Kabar baiknya, dari 80 tenaga kesehatan yang kontak erat dan merawat pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, hasil tesnya negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus, dalam rekaman yang dibagikan kepada awak media, Selasa (8/12/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT, Petrus Herlemus, dalam konferensi pers secara daring, Selasa (8/12/2020). -Foto: Ebed de Rosary

Petrus menjelaskan, perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sikka dari dua kali pengriman sampel terkonfrimasi 11 orang dinyatakan positif. Sebab, Senin (7/12/2020) malam ada penambahan lagi satu pasien positif.

Ditambahkannya, 3 orang yang identitasnya belum diketahui sudah diperoleh, dari 3 orang tersebut terdapat seorang ibu rumah tangga berinisal OH (25) asal Kecamatan Alok Timur.

“Yang bersangkutan merupakan keponakan dari almarhumah SH (63) yang meninggal karena Covid-19. Dirinya sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Pulau Pemana yang kosong, dengan pemantauan ketat dari petugas Puskesmas Teluk,” terangnya.

Selain itu, tambah Petrus, pasien positif Covid-19 kedua berinisial GA (55), berasal dari kecamatan Alok yang berprofesi sebagai wirausaha yang pelaku perjalanan dan menderita penyakit bawaan hipertensi.

Juga ada EM, perempuan (9) yang merupakan pelaku perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan, asal Kecamatan Kangae, sehingga total ada 11 orang dinyatakan positif Covid-19 dan telah diamankan di ruang isolasi.

“Sementara 80 tenaga kesehatan yang menjalani isolasi di ruangan isolasi di Kelurahan Kota Baru, Maumere, sudah dipulangkan mulai hari ini, setelah hasil tes swabnya keluar,” ungkapnya.

Lihat juga...