Air Genangi Jalan Kincan Jatibening Baru

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Genangan air di Jalan Kincan, Jatibening Baru, arah keluar Tol Pondok Gede Timur 1, masih terjadi meskipun jalan sudah di cor dan ditinggikan.

Lurah Jatibening Baru Mulyadi, dikonfirmasi Cendana News, Rabu (9/12/2020) mengakui hal tersebut, dan saat ini sedang disusun perencanaan drianase saluran pembuangan air agar tidak membuat persoalan baru. Foto: Muhammad Amin

Endapan air di jalan Kincan itu kerap terjadi jika hujan dan beberapa hari kemudian akan hilang sendiri. Hak tersebut diduga akibat di sisi jalan tidak memiliki drainase dan posisinya di dataran rendah.

Dampaknya air meluber ke sisi kiri kanan jalan hingga ke pintu masuk satu minimarket yang ada di wilayah setempat menjadikan pengendara terutama kendaraan roda lebih hati-hati dengan memilih sisi jalan guna menghindari genangan air.

“Genangan air ini, sisa hujan yang mengendap, karena posisinya rendah dan sisi kiri kanan tidak ada drainase, sebelum jalan di cor lebih parah lagi, ketinggiannya mencapai satu dengkul,” ujar warga sekitar mengaku bernama Hamzah, kepada Cendana News, Rabu (9/12/2020).

Dikatakan bahwa sebenarnya jalan coran beton baru jadi. Tapi air masih mengendap, hingga membuat pengendara harus lebih hati hati saat melintas. Untung sekarang, jalan bagus, jadi lebih aman dilintasi dari sebelumnya banyak terdapat lubang ditengah yang tidak kelihatan akibat tertutup air.

Menurutnya setelah jalan di cor, tidak mengubah genangan air. Dia mengaku melihat air malah makin meluber ke pintu masuk minimarket yang berada di sisi jalan.

Terpisah, Lurah Jatibening Baru, Mulyadi, membenarkan hal tersebut. Dikatakan bahwa penanganan jalur tersebut harus komprehensif. Namun demikian dia menegaskan sudah dianggarkan untuk perbaikannya.

“Memang sudah dianggarkan tapi tahun ini, baru mendorong relaisasi pengecoran. Sementara saluran air lagi dalam kajian, jangan sampai memindahkan masalah baru. Harus satu persatu tidak bisa sekaligus kalo pemerintah,” tukasnya kepada Cendana News.

Pembuatan drainase di jalan Kincan, arah keluar tol Pondok Gede 1 tersebut diprioritaskan tahun depan. Tahun ini banyak anggaran tertunda dialihkan atau repucusing. Sehingga dia meminta bersabar dan tahun depan dibenahi jalur drainasenya.

Lebih lanjut dia mengaku, dalam rangka antisipasi banjir memasuki musim penghujan sudah menggelar rapat dengan seluruh RT/RW di wilayah Jatibening Baru bentuk. Dengan menekankan membangkitkan lagi semangat gotong royong.

“Banyak drainase sejak pertama dibuat tidak pernah dirawat. Saya sudah minta RT/RW gotong royong membersihkan saluran,” sebutnya mengaku sudah membuat planing tiga titik tangkapan air atau tandon di beberapa RW di wilayahnya.

Mulyadi menekankan kepada RT/RW jangan air yang mengatur lingkungan. Tapi orangnya yang harus mengatur posisi air dengan membuat saluran dan mengarahkan aliran air guna menghindari banjir.

Lihat juga...