Ajax Tutup 2020 Dengan Hasil Imbang

Logo Eredivisie Liga Belanda – Foto Ant

JAKARTA – Ajax Amsterdam, menutup 2020 dengan hasil kurang memuaskan, setelah hanya bermain imbang melawan Willem II 1-1, di Stadion Koning, Willem, pada Rabu (23/12/2020) waktu setempat atau Kamis (24/12/2020) WIB.

Hasil imbang ini membuat Ajax gagal merestorasi selisih tiga poin dari PSV Eindhoven yang berada di urutan kedua. Pasukan Erik Ten Hag itu kini mengoleksi 34 poin, atau terpaut satu angka dari PSV. Adapun bagi Willem II, raihan satu poin di kandang memperpanjang catatan buruk lima laga tanpa meraih kemenangan. Mereka berada di tepi zona playoff degradasi, setelah hanya mengumpulkan sembilan poin.

Ajax, yang selalu menampilkan permainan menyerang, tampil meyakinkan di awal-awal laga. Bahkan ketika waktu baru memasuki empat menit, mereka telah unggul lewat sepakan Anthony. Menerima umpan Klaas Jan Huntelaar, Anthony yang bergerak di sebelah kanan melepaskan sepakan mendatar.

Sebenarnya laju bola begitu lemah, namun kiper Willem II seolah tak siap. Bola-pun menggetarkan jala gawang Willem II. Dominasi Ajax memang sudah terlihat sejak awal laga. Sepanjang babak berjalan, mereka melepaskan 32 tembakan percobaan. Namun jumlah itu tak dibarengi dengan tingkat akurasi, hanya delapan yang menemui sasaran.

Beberapa kali Ajax hampir menambah keunggulan, baik melalui Nicolas Tagliafico, Dusan Tadic, maupun Davy Klaanssen. Tapi seluruhnya masih belum bisa menjebol gawang Robbin Ruiter, untuk kedua kalinya. Pujian juga pantas dialamatkan kepada Ruiter, peluang-peluang berbahaya yang diciptakan Ajax, mampu diselamatkan kiper berusia 33 tahun tersebut.

Penampilan terbuka Ajax, nampaknya memberikan celah kosong bagi pemain Willem II saat melakukan serangan balik. Umpan satu dua para pemain Willem II dapat diselesaikan dengan sempurna oleh Kwasi Okyere pada menit ke-54. Hingga bubaran skor 1-1 tetap bertahan.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal, Vitesse harus mengakui keunggulan tuan rumah AZ Alkmaar 3-1. Hasil ini juga membuat Vitesse gagal memangkas jarak dari PSV Eindhoven. Mereka berada di posisi ketiga dengan koleksi 29 poin, atau terpaut empat angka dari PSV. Sementara AZ, yang mulai tampil konsisten naik ke urutan enam dengan 26 poin. (Ant)

Lihat juga...